Trik Meningkatkan Bobot Ayam Pedaging dengan Minyak Kelapa

Trik Meningkatkan Bobot Ayam Pedaging dengan Minyak Kelapa

Cara Meningkatkan Bobot Ayam Pedaging

PecintaSatwa.com – Berat hidup, persentase karkas, dan efisiensi pakan merupakan tolak ukur keberhasilan industri peternakan ayam pedaging. Tinggi rendahnya keuntungan yang didapat perusahaan dan peternak mitra tergantung pada ketiga komponen tersebut. Semakin tinggi berat hidup dan persentase karkas ayam masa panen, maka semakin tinggi pula laba yang dihasilkan, terlebih jika pakan yang dikonsumsi dapat ditekan seminimal mungkin dalam artian memiliki konversi pakan yang tinggi, tentunya berlipat ganda profit yang didapat karena semakin efisien penggunaan pakan.

Simak: Tips Pengaturan Pakan dan Minum yang Tepat pada Peternakan Ayam Broiler

70% biaya operasional peternakan ayam pedaging digunakan untuk pakan. Peningkatan keuntungan bisa diusahakan dengan menekan pembiayaan pakan dan memaksimalkan produksi yang ditunjukkan dengan persentase karkas. Banyak studi dilakukan para peneliti universitas dan R&D perusahan ayam broiler untuk meningkatkan efisiensi produksi dan memaksimalkan hasil panenan, salah satunya adalah dengan suplementasi jenis lemak tertentu dalam pakan, minyak kelapa salah satunya.

Ransum Ayam Pedaging

Penambahan minyak kelapa dalam ransum ayam pedaging dapat meningkatkan palatabilitas (nafsu makan), dan mengurangi debu. Dari sisi produksi pun minyak kelapa dapat meringankan kerja mesin pembuat pellet. Minyak kelapa berfungsi untuk mempermudah penyerapan vitamin A, D, E, K, karoten dan kalsium di dalam saluran pencernaan, juga memenuhi kebutuhan asam lemak esensial serta meningkatkan efisiensi penggunaan energi dalam tubuh ayam.

Suplementasi 2-6% minyak jagung pada pakan ayam broiler dilaporkan dapat meningkatkan bobot hidup ayam. Pakan tersebut memiliki kandungan energi yang sangat tinggi, melebihi yang dibutuhkan oleh tubuhnya, ditambah dengan kadar protein pakan yang dibuat sedikit dibawah ambang menjadikan kelebihan energi akan dikonversi menjadi lemak tubuh.

Baca pula: Tips Pembersihan Kandang Unggas

Penambahan Minyak Kelapa pada Pakan Ayam

Heni Setyo Prayogi (2007), peneliti dari Universitas Brawijaya membuktikan bahwa penambahan minyak kelapa dalam pakan dapat meningkatkan berat hidup, persentase karkas dan konversi pakan. Dalam penelitiannya, digunakan 100 ekor ayam broiler jantan jenis Lohman berumur 3 minggu. Sampel tersebut dibagi menjadi 4 kelompok, 1 kelompok kontrol tanpa perlakuan dan 3 kelompok perlakuan dengan suplementasi minyak kelapa berturut turut sebesar 1%, 2%, dan 3%, seluruh kelompok dipelihara selama 4 minggu.

Setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi, dapat disimpulkan bahwa teknik pakan tinggi energi dengan suplementasi minyak kelapa dalam pakan ayam broiler sebanyak 3% dapat meningkatkan bobot hidup sebanyak 8,1%, berat karkas 6,7% dan konversi pakan 12,5%, sedangkan suplementasi minyak kelapa 1% dan 2% menghasilkan peningkatan bobot hidup, berat karkas dan konversi pakan dibawah kelompok 3%

Keuntungan yang didapat dengan metode penambahan minyak kelapa dalam pakan sangat relativ, tergantung pada seberapa besar skala industri peternakan ayam pedaging yang dioperasikan dan harga minyak kelapa serta ketersediaannya di lapangan. Skala industri dengan ratusan ribu populasi, kemungkinan besar dapat menunjukkan keuntungan yang cukup besar dengan metode ini, dengan syarat biaya produksi tambahan untuk pengadaan minyak kelapa tidak lebih besar dari peningkatan pendapatan yang dihasilkan, dan juga dipertimbangkan potensi fluktuasi harga minyak kelapa sehubungan ketersediaannya di pasaran.

Baca: Cara Meningkatkan Produksi Telur Unggas

Eksplorasi fungsi bahan-bahan alam untuk meningkatkan produksi ternak sudah selayaknya terus digali, guna meningkatkan potensi peternakan negeri ini berbasis sumber daya lokal yang alami, aman dan mudah diterapkan.

 

27 Comments

  1. assalamalaikum.wr wb. dok kebetulan saya lagi belajar usaha dìbidang perternakan ayam broiler, sudah dua periode ini bobot ayam d periode pertama 1,5 kg rata2 dengan konsumsi pakan sebanyak 11,7 ton dengan kapasitas ayam 5000 ekor, di periode kedua dengan jumlah ayam yg sama dengan bobot rata2 1,6 konsumsi pakan 13,8 ton , itu kalau d hitung dengan FCR atau perbandingan ton yang didadapat sangat minim, insallah di periode ketiga saya akan mèncoba dengan penambahan minyak kelapa (minyak curah) semoga asilnya bagus, terimakasih atas info dan pencerahannya dok. wassalamualaikum wr wb

  2. Aplikasi cara pemberian minyak kelapa pada ayam broiler nya lewat air minum apa lewat pakan ..tolong jawabannya

      1. assalamualaikum dok, kalo dicampur terus itulan persentasinya 3% yg dianjurkan, berarti untuk 1kg pakan diberi 30ml minyak kelapa dok?

  3. Salam kenal,mba Dokter saya baru mulai ternak ayam broiler potong, populsai awal.3060 ekor,masa 24 hari total mati 275 ekor, saat ini harga sedang jatuh. Bobot rata-2 1.6kgs.padahal full feed.bolehkah pakan pabrik dioplos, dgn apa dan berapa %, trims.

    1. Angka kematian hampir 10% itu sangat tinggi, kemungkinan dapat terjadi karena ada yang kurang tepat dalam manajemen pemeliharaan dan kesehatan. Apabila anda tidak terikat kontrak kemitraan dengan perusahaan tertentu,pencampuran pakan dapat dilakukan, dengan catatan tidak menurunkan kadar protein kasar dalam pakan. Jenis bahan pakan sumber protein dan energi dapat dicoba seperti menir jagung, selain itu bahan pakan tinggi energi seperti jenis minyak2 nabati dapat dijadikan pilihan, tentunya harus diperhatikan harga dan ketersediaan di pasaran, agar tidak semakin merugi

    2. beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ayam broiler adalah sebagai berikut:
      1. brooding manajemen
      2. suasana kandang dan sekitarnya yang nyaman, minim stressor
      3. ayam umur lepas seminggu harus sering diseleksi, apabila seminggu pertama bobot ayam sudah mencapai 4 kali bobot awal, biasanya kedepannya akan lebih mudah.
      4. ayam kurus/berat badan dibawah standar harus dipisahkan untuk pemeliharaan yang lebih intensif
      5. target pemeliharaan broiler yang baik, kematian kurang dari 1% dengan bobot panen 1.8kg
      jadi, pastikan anda memperbaiki manajemen dan suasana kandang terlebih dahulu sebelum memulai pemeliharaan ayam siklus berikutnya.
      (dijawab oleh: drh. Mardini Kusumojati, praktisi perunggasan perusahaan swasta)

  4. dok, penambahan pakan degan mie kadaluwarsa sebagai pengganti jagung apakah bisa menambah bobot ayam broiler? trus berapa % dosisnya? tx

    1. pada dasarnya, penambahan bobot berasal dari pertumbuhan dan perkembangan massa otot ayam. karena itu, penambahan pakan yang bertujuan untuk meningkatkan bobot, lebih dititik beratkan pada bahan pakan yang kaya akan protein seperti tepung bungkil kedelai, tepung ikan, dsb. sedangkan mie kadaluarsa, lebih banyak kandungan karbohidratnya. kelebihan karbohidrat lebih banyak menjadi lemak, sedangkan perlemakan pada daging tidak meningkatkan bobot secara signifikan, serta mnurunkan kualitas daging ayam tsb.

      jagung vs mie. tidak disarankan mengganti jagung dengan mie, karena tidak seimbang, bagai mengganti lauk dengan nasi dalam piring kita. karena selain kaya akan karbohidrat, jagung juga mengandung protein cukup tinggi meski tidak setinggi bungkil kedelai, dan juga jagung kaya akan betakaroten dan omega 3 yang salah satunya berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

      tentang masa status kadaluarsa. pastikan mie tersebut dalam kondisi baik, tidak lembab, tidak tengik dan tidak berjamur. karena goljamur dalam bahan pakan dapat menghasilkan toksin yang sangat berbahaya bagi hewan.

      apabila anda ingin mengurangi jagung untuk sedikit menghemat biaya pakan, anda bisa mencoba golongan ampas2an, seperti ampas tahu kering, ampas bir, cassapro dsb yang memiliki kadar protein tinggi dan karbohidrat yang cukup.

      semoga dapat membantu

      1. Dokter yang terhormat….
        kapan masa (umur ayam) pertumbuhan dan perkembangan otot ayam????

      2. untuk perbandingan campuran bungkil kedelai vs pakan berapa dok.? dan sebaiknya diberikan pada umur berapa.?

  5. Ijin bertax dok.
    Sy adlh peternak mitra, pakan diberikan dlm bentuk karungan.
    Apakah ada teknik tertentu utk mencampurkan pakan tsb dg minyak kelapa?
    Dan sebaikx menggunakan minyak kelapa pabrikan (mis. Kunci Mas, Bimoli, dll)atw minyak kelapa kampung (yg diolah secara tradisional)?

  6. dok untuk minyak kelapa sendiri mempunyai kandungan EM (Energi Metabolisme) dan protein berpa persen?terima kasih

    1. Setiap 100g minyak kelapa memiliki energi sekitar 870 kkal dan protein 1%, karena mayoritas komponen minyak kelapa adalah asam lemak yg merupakan bahan utama penyusun hormon steroid, termasuk hormon repro dan hormon pertumbuhan

  7. Dok kalau pakan ayam di campur dengan dedak atau ampas padi dok bisa memperngaruhi pertumbuhan nya tidak

    1. dedak padi banyak mengandung serat, dan hanya sedikit protein. hewan golongan berlambung tunggal seperti unggas, tidak memiliki daya kecernaan serat yang tinggi seperti golongan berlambung ganda (exp.sapi). di pasaran pun, dedak yang berkualitas tinggi atau disebut juga bekatul sudah banyak dipalsukan dengan gilingan sekam atau jerami. sehingga nilai nutrisinya sangat rendah. sedangkan yang asli, memiliki kandungan protein yg cukup tinggi, baik untuk unggas. karena itu jangan tergiur dengan dedak-dedak berharga murah, namun tidak berkualitas. ayam anda mungkin kenyang, tpi dia tidak akan tumbuh maksimal / gemuk.
      apabila anda peternak tradisional, pakan ayam dapat dicampurkan konsentrat / pur komersial, produksi pabrikan yang sdh jelas kandungan nutrisinya.

  8. ijin bertanya dok,…
    1.kapan baiknya pemberian pakan yg sdh di campur dgn minyak kelapa
    2. utk 1 karung pakan di campur dg brapa banyak minyak kelapa
    trimksh sebelumnya utk penjelasannya dok

  9. Utk pemberian minyak kelapanya baiknya di umur ayam broillernya di minggu k berapa ya dok…??? Sy menggunakan pakan yg di berikan dalam bentuk karungan, gmna cara mencampurnya dok….???
    Sangat ditunggu jawabannya
    Trims

  10. Aturan pakai minyak kelapa di pakan ayam pedaging berapa Pc atau berapa liter

  11. dok.., apakah boleh pemberian pakan yg d campur minyak kelapa mulai dari awal DOC. atau pada umur berapa…??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *