Penanganan Kejang pada Anjing dan Kucing

Penanganan Kejang pada Anjing dan Kucing

Penyebab Kejang Anjing dan Kucing

kejang pada anjing

Kejang atau konvulsi merupakan gerakan otot mendadak dan serentak yang tidak bisa dikendalikan oleh tubuh. Hal ini disebabkan oleh letusan aktivitas listrik pada sistim syaraf secara mendadak yang tidak bisa dikendalikan atau biasa disebut seizure. Seizure pada anjing dan kucing merupakan gejala klinis dari suatu penyakit seperti gangguan syaraf, trauma otak, kerusakan hati, dan kekurangan gula dalam darah.

Seizure diawali dengan kehilangan kesadaran dari hewan, kemudian terjadi kekakuan otot, lalu dilanjutkan kontraksi otot yang tidak dapat dikendalikan. Sebelum terjadi seizure, akan tampak perubahan sikap secara cepat atau biasa disebut pre-ictal behaviour, seperti mondar-mandir, berputar, mengeong (kucing), menggongong (anjing) dan muntah. Setelah terjadi seizure (post-ictal), anjing atau kucing anda akan tampak disorientasi/linglung diikuti kelemahan pada kaki, muntah atau perubahan lainnya menuju kesadaran. Perubahan ini akan berjalan dengan cepat namun butuh beberapa hari untuk kembali normal pada kasus-kasus tertentu

Baca juga: Vector Borne Disease dan Zoonosi pada Hewan Kesayangan

Banyak sekali penyebab terjadi kejang pada hewan kesayangan anda, seperti kagar gula rendah dalam darah, penyakit pada hati, sumbatan pada sirkulasi darah, infeksi virus, kekurangan kalsium pada otak, tumor otak dan gangguan sistim syaraf yang lain. Pada anjing berumur 8 tahun epilepsy merupakan penyebab utama terjadinya seizure meskipun penyebab utama dari penyakit tersebut biasa disebut idopatic epylepsi.

Pertolongan saat Kejang pada Hewan

Kebanyakan seizure berjalan beberapa menit atau lebih kemudian mereda. Jika anda melihat hal demikian, sesegera mungkin bawalah hewan anda kepada dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat terjadi seizure pada hewan anda

  1. Tetap tenang
  2. Perlu diingat bahwa hewan anda tidak sadar dan tidak bisa mengkonrol gerakan pada tubuhnya termasuk mengkatupkan rahangnya. Hati-hati untuk tidak tergigit agar terhindar dari resiko rabies maupun cat scratch disease.
  3. Jika memungkinkan pindahkan hewan anda pada tempat yang aman, jauh dari tangga, balkon, dan furniture Terkadang hewan anda yang lain akan tampak marah dan penasaran apabila melihat salah satu temannya. Jadi jauhkan ia dari hewan lain bila memungkinkan.
  4. Saat gejala tersebut mereda, hewan anda akan disorientasi dan mungkin tidak mengenali anda. Kondisi tersebut bisa berakibat hewan akan menyerang anda. Tetap waspada menanganinya
  5. Apabila seizure tidak berhenti atau memiliki interval yang lama, bawa hewan anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan secepatnya
  6. Hitung lamanya seizure serta intervalnya untuk memudahkan dokter hewan mendioagnosa penyakit yang diderita hewan anda.

 

pemeriksaan kesehatan rutin

Pengobatan pada Kejang Hewan

Umumnya dokter akan memberikan obat penenang sebagai pertolongan pertama dan melakukan beberapa tes seperti tes darah, X-ray, maupun Ct-scan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya seizure. Pengobatan dan pencegahan dilakukan tergantung pada lama dan frekuensi dari seizure serta penyebabnya.

Simak juga: 5 Tanda Cacingan pada Hewan

Pada kasus hypoglycemia (kadar gula dalam darah rendah) dokter akan memberikan terapi cairan untuk mengembalikan kondisi normal darah, serta menyarankan untuk menambah porsi makan hewan anda. Sedangkan pada kasus idiopatic epylepsi, akan diberikan beberapa obat penenang dengan penggunaan yang sudah disarankan oleh dokter.

Seizure dapat dicegah dengan mengawasi aktifitas dari hewan, agar tidak bergerak terlalu berlebihan yang bisa menimbulkan cedera pada sistim syaraf dan menjaga asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Baca pula: Waspada Flu pada Anjing Kesayangan

Karena anjing dan kucing adalah bagian dari keluarga kita yang sangat kita cintai, ada baiknya anda memantau kondisi kesehatannya secara rutin. Biasakan teratur untuk melakukan vaksin dan pemeriksaan gejala cacingan, selalu sedia nomor telepon dokter hewan terdekat yang dapat anda hubungi sewaktu-waktu dan cepat diakses apabila keadaan darurat terjadi, dan berikan ia makanan yang bernutrisi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk yang tersayang harus tetap waspada dan hati-hati ya.

 

34 Comments

  1. pagi dok
    sy mau tanya
    musang sy sakit, lemas n tdk mau makan sndiri
    trus kmrn itu kejang2 dan pup encer kuning
    apa yg harus sy lakukan ya dok
    saya bngung
    kasihan…
    makasi
    nia-sby

    1. Kejang pada musang ada 2 penyebab bisa karena insulinoma atau distemper yang cukup jarang menyerang musang tetapi bisa menginfeksi.
      Insulinoma merupakan kondisi insulin yang tinggi tetapi kadar gula darah yang rendah yang disebabkan oleh cancer pada lympnode.
      Sebaik ya segera di bawa ke dokter hewan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan darah dan pemberian terapi cairan.

      1. Pa/Ibu Dokter saya mau tanya kalo penyakit kejang kejang muntah dll. Itu bisa nular ke manusia tidak dok

        1. Jawabannya tidak, karena kejang sendiri merupakan gangguan pada sistim syaraf pusat maupun keseimbangan gula darah. Meskipun kerusakan bisa disebabkan oleh virus tetapi virus yang menginfeksi hewan berbeda dengan yang menginfeksi manusia dengan kata lain tidak zoonosis. Terkecuali seperti rabies, tetapi pada dasarnya tidak.

  2. dok kucing saya tiba2 ditemukan kejang2 , terus lehernya kaku banget , tapi kalo diurutin ibu saya nanti lemes trus nanti kejang2 lagi sampe guling2an gitu dok, kayanya sih habis dilempar orang atau dipukul orang gitu dok, soalnya hidungnya juga berdarah kaya kena benturan gitu dok, trus saya harus gimana

    1. Banyak hal yang bisa menyebabkan kejang, bisa karena hypoglicemia atau gejala syaraf yang lain hingga idiopatic epilepsi. Info yang diberikan kurang lengkap jadi belum dapat dipastikan pada kasus tersebut penyebabnya. Terapi disesuaikan dgn diagnosa oleh karena itu segera periksakan hewan kesayangan anda ke drh terdekat.

  3. Selamat pagi kucing saya sering kejang-kejang namun sudah disuntik diasepam dan vitamin. Adakah obat lain yang bisa menyembuhkan kucingku yang sering kejang-kejang tersebut

    1. Tergantung dari penyebab kejang sendiri, karena kejang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya kadar gula darah, keracunan dan gangguan sistim syaraf. kalau masalahnya berada di syaraf pusat atau otak biasanya bersifat laten. diazepam sendiri hanya dapat meredakan gejala kejang saja, untuk saat ini therapy akupuntur cukup efektif dalam menangani masalah pada sistim syaraf.

  4. Malam dok, saya mau tanya, sudah 3 hari ini kucing saya lemas dan tidak mau makan, yang paling aneh kalau bergerak sedikit lehernya langsung kaku seperti urat leher ke tarik dan mengeong2, jd dia beberapa hari ini hanya bisa tidur lemas saja dok.
    Makasih

  5. Malam dok, saya ingin bertanya..

    Kucing saya satu minggu ini selalu muntah setiap pagi hari, dan sudah dua kali setelah dia muntah mengalami kejang. Apakah ini berbahaya dok?

    note: Kucing saya tidak menunjukkan ciri-ciri sakit seperti lesu dan tidak mau makan. Normal saja, aktif dan mau jika diberi makan

  6. Siang dok. Anjing saya abis dikasi makan dia kejang kedua kaki depannya kaku dan keplanya kayak tak bisa diangkat. Knpa ya dok. ?

    1. Kejang setelah makan bisa disebabkan oleh kandungan makanan yang kita berikan bersifat toksik atau beracun pada anjing contohnya seperti coklat dan lain lain. Selain makanan kondisi darah yang tinggi kolesterol juga bisa berakibat pada serangan jantung sehingga menyebabkan kejang tiba tiba setelah exercise maupun makan. Segera periksa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan secara comprehensif sehingga bisa mencegah kondisi anjingnya memburuk. Hal yang saya sebutkan hanya beberapa faktor yang bisa menimbulkan kejang. Diagnosa yang lebih akurat hanya bisa didapat setelah dilakukan pemeriksaan baik fisik maupun laboratoris oleh dokter hewan. Karena itu jangan tunggu keadaan memburuk, segera lakukan check klinis ke dokter hewan terdekat

  7. dok kucing saya masih bayi, mungkin belum genap sebulan. saya nemu kucing ini di depan rumah di dalam kardus, kayanya dibuang orang. udah beberapa hari ngga ada induknya jadi saya ambil. saya kasih minum susu kucing recommend toko satwa. kayanya cocok2 saja. tapi tadi pupnya cair dan muntah bening lumayan banyak. trus kaya kejang gitu lidahnya melet2 dan kaya kesakitan, ngeongnya juga agak kenceng pas melet2 itu. kira2 kenapa ya dok? apa yang harus saya lakukan atau harus saya kasih apa? trus udah boleh makan blm dok?
    terimakasih dok sebelumnya.

    1. kasus kejang pada hewan bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari virus, ketidakseimbangan ion, maupun kerusakan sel syaraf akibat dari trauma. pada kasus anda, kucing umur 1 bulan sangatlah rentan terhadap infeksi berbagai macam virus maupun bakteri dan diperparah tidak disusui oleh induknya langsung, karena susu dari induk memiliki cholostrum dan beberapa sel hidup selain protein yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak kucing.

      Berdasarkan gejala yang anda sampaikan, kemungkinan ada virus yang menginfeksi kucing tsb. untuk lebih jelasnya silahkan untuk segera dibawa ke klinik hewan terdekat untuk diperiksa dan mendapat penanganan lebih lanjut.

      air gula maupun air madu bisa diberikan sebagai pertolongan pertama untuk menghindari tingkat dehidrasi yang lebih parah akibat diare dan muntah. semoga dapat membantu

  8. Dok mau tanya…sy pny kitten umur 2hr,sering kejang…swktu melahirkan memg cairan ketuban indukny agk kuning keruh. Apakah kitten sy kejang2 krn pengaruh keracunan air ketuban ya? Trz bgmn mengatasiny dok? Apakah tdk mslh sy berikan tmbhn susu LLM,krn si kitten ga mau nyusu ke indukny. Trm ksh jawabanny.

    1. Kejang terjadi akbiat terjadi kerusakan pada sel otak yang bisa disebabkan oleh trauma, bakteri maupun virus. Pada kasus saudara, warna keruh pada cairan ketuba menunjukan adanya pertumbuhan bakteri akibat terbukanya mulut rahim dalam jangka waktu yang sangat panjang.hal tersebut diperparah kitten tidak mau menyusu bisa karena terlalu lemah maupun kalah dengan saudaranya saat menyusu pada induk padahal 24 jam pertama pasca kelahiran air susu yang keluar adalah colostrum yang sangat dibutuhkan kitten sebagai antibodi. Kejang pada kitten umur 2 hari bisa disebabkan berbagai faktor maupun komplikasi pada kondisi yang saya sebutkan diatas. Memberi susu pengganti asi bisa menolong tetapi tindakan medis perlu dilakukan untuk menstabilkan kondisi kitten. Segera bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut

      1. dok anjing saya lemas kaki nya tidak bisa gerak, panas tinggi seperti step pada orank dok. kejank”nya tidak terkontrol. bagai mna cara mnangani nya dok??

  9. Sok, saya mau tanya, kucing saya diperkirakan 3 bulan. Sok yg saya tanyakan kenapa setiap.kucing saya dimandikan pakai air hangat, sesudahnya diare, dan sering terjadi. Tapi sekarang suaranya tak kunjung sembuh, ditambah lagi kucing saya selalu mengeluarkan cairan di mulutnya berwarna putih. Lalu kucing kejang kejang. Saya harus bagaimana ya dok, saya sudah memberikan sakit, tapi masih saja diare, saya harus gimana ya dok?

  10. Kucing saya ni dia mcm. Parkinsonism . Lepastu dia always kejang je. Mcm nak nangis tgk dah 🙁 . Macam mna eh ?

  11. Selamat siang dok. Saya punya hewan peliharaan anjing. Dok, tiba tiba anjing saya mengalami kejang disertakan buih berwana putih. Jangka waktunya sekitar 15-20 menit sekali. Ketika dia sedang stop gejala kejang, kelakuannya seperti pusing, suka menabrak barang sekitar, lalu jalan mutar-mutar, dok. Saya sudah berikan ikaphen 1 tablet namun masih saja kejang. Apa yg harus saya lakukan dok? Mohon dibalas. Terimakasih

  12. Slamat siang dokter..,dokt anjing saya kadang2 mengalami kejang2 sampai terkencing2,mohon penjelasan utk diagnosa penyakitnya dan apakah ada pengobatan yg bisa saya berikan utk anjing sy ini..makasih dokter.

  13. Pagi dok, saya mau bertanya kucing saya tiba2 kejang mendadak 1-2 menit sambil mengekuarkan air seni Dan keluar air liur, setelah itu dia sadar Dan tampak linglung 5 menit berikut normal tp napas seperti terengah2 dan 10 menit berikut nya normal, itu gejala knapa yaa dok ?? Dan apa yg harus saya lakukan terima kasih sebelum nya dok

  14. Dok kucing saya kejang terus udah 3 hari ini, gak tega saya lihat nya dok, harus gimana saya? Saya ambil ni anak kucing di jalan karena induknya gak ada jd saya rawat dan kt tetangga saya dia tuh tadinya jatuh dari genteng sangat keras apa karena itu ya dok jenjangnya?

  15. Dok sya mau tanya kucing sya pas subuh tdi tidak bisa berjalan dia menyeret badannya untuk mendekati sya pas sya peluk ada yg aneh kepalanya keatas” sya keburu panik krna dia lemah gk bsa jln sma skli trus sya ksih mkn dengan menghancurkan mknan jdi bubur dan minum trus mlh keluar jdi mencret cair udhnya dia kejang” dang mengeong keras sblmnya dia diare prh udh semingguan dan demam tinggi trus 2 hri yg lalu ada lendir dan darah di kotorannya akhir bulan lalu sya membelinya tetapi lidah dan gusinya putih pucat tpi dia aktiv dan manja beberapa minggu ini kondisinya drpo apakah kejang” ini ada kaitannya dengan fungsi hatinya dok krna sya melihat gusi dan lidahnya putih pucat

    1. Kasus seperti ini cukup banyak terjadi terutama kucing yg dijual dipinggir jalan. Kemungkinan kucing tsb belum divaksinasi, kmudian dijual dijalan dimana cuaca panas dan kondisi kurang nyaman, akibatnya kucing tsb akan mudah terinfeksi virus dan bakteri. Saat anda beli dy masih baru terinfeksi, beberapa minggu masa inkubasi, hingga barulah muncul gejala klinis yg tiba2 dan parah. Apabila anda punya kucing lain sgera support dgn vitamin dan lakukan vaksinasi rutin

  16. malam dok …
    kucing saya udah 2x ini dia kejang2..
    pas pagi dan sekarang..
    pas kejang2 dia ngeluarin air liur…
    kenapa ya dok..

  17. Saat ini apa sdh ada fasilitas CT Scan untuk anjing Dok? Anjing husky saya sering mengalami kejang seperti yg disebuykan oleh dokter.. Sblm kejang SELALU didahului muntah kuning yg biasanya disebabkan krn anjing saya kurang suka makan.. Saya curiga penyebabnya adalah kekurangan kadar gula itu.. Tp saya ingin lebih memastikan lg melalui scan yg tepat Dok.. Mohon petunjuk.. Trims..

  18. dok , saya mau tanya kucing saya baru saja kehilangan anaknya , dulu semasih hidup mereka sering bertengkar setelah anaknya mati , induknya jadi tidak bergairah lagi sering tidur dan nafsu makannya tidak seperti sebelumnya , buang airnya pun jarang dok , dia strees atau sedang sakit ya dok ??

  19. Selamat saya nak tanya jika kucing oejang 2 x mcm mana nak tenangkannya..saya ada jumpa doktor.. Tp penyakitnya x baik..ia mengalami kekejangan… Ia hilang selera mkn..selema 3 hari ini..

  20. anjing saja mengalami kejang2 dan dari mulut keluar air lendir banyak sekali dok..terus kalau tidur begitu seperti gelisah mengigau atau susah tidur.
    bagaimana cara penanganannya dok? atau obat apa yg harus saya kasi dok?

  21. Selamat siang Dokter,

    Saya mempunyai seekor anjing dachshund berusia 8 tahun dan memiliki penyakit epilepsy.
    Penyakit itu baru ada setelah anjing saya berusia 2 tahun. Anjing saya itu tinggal di lantai 2 rumah saya, karena lantai 1 ditinggali oleh ibu saya dan beliau tidak terlalu menyukai anjing.
    Saat masih puppy, penyakit ini belum ada. Saya masih suka bawa anjing saya jalan jalan ke taman dsbnya. Tapi setelah usia 2 tahun, saat saya mau ajak dia berjalan jalan, atau ke dokter, anjing saya mengeluarkan liur dan langsung kejang kejang.
    Sejak saat itu, saya tidak pernah lagi membawa anjing saya keluar rumah bahkan turun ke lantai 1 rumah saya, karena jika itu dilakukan, anjing saya akan langsung kejang kejang.
    Dokter, mohon bantuannya apakah ini termasuk epilepsy? dan bagaimana penanganan untuk kasus seperti ini. Apakah dapat disembuhkan? Apakah ada semacam terapi untuk menyembuhkan sakit kejang kejang ini?

    Terima kasih sebelumnya
    Salam
    Martha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *