Gangguan Lambung pada Kucing

Gangguan Lambung pada Kucing

Gejala Gangguan Lambung pada Kucing

PecintaSatwa.com – Gangguan lambung pada kucing biasanya mengakibatkan kucing muntah, kehilangan nafsu makan, tidak bersemangat dan lebih banyak rebah. Gangguan lambung dapat bersifat akut atau kronis, hal ini dapat terjadi pada semua breed kucing, dan berbagai umur. Bagi kucing yang tidak memiliki riwayat mudah muntah, tiba-tiba mengalami penurunan nafsu makan bahkan hingga muntah, kemungkinan dapat disebabkan beberapa hal berikut ini, seperti pergantian jenis pakan tiba-tiba, hairballs, abdominal obstruction (disebabkan karena kucing menelan benda asing), efek samping obat-obatan tertentu, keracunan, dan penyakit (infeksi bakteri, virus, infestasi parasit dan pankreatitis).

Sedangkan pada kucing yang sering mengalami muntah dalam waktu yang lama disertai dengan nafsu makan yang kurang baik, bisa jadi disebabkan oleh beberapa penyakit berikut ini: inflammantory bowel disease,  kanker, infeksi bakteri/jamur, penyakit metabolik (hipertiroid, gagal ginjal, gagal liver), dan kelainan motilitas organ pencernaan. (Info: Beberapa hal yang harus dihindari Kucing kesayangan)

Penanganan Gangguan Lambung pada Kucing

kucing yang lemas

Kucing yang mengalami gangguan lambung, lebih suka bersembunyi atau mencari tempat istirahat yang nyaman dan sepi, karena ia merasakan ketidaknyamanan pada perutnya, stress, dan lemas. Apabila kucing Anda terlihat tidak menyentuh makanannya selama satu hari, segera konsultasikan kondisi ini pada dokter hewan pribadi Anda. Karena tubuhnya membutuhkan asupan nutrisi untuk bertahan hidup dan melakukan proses penyembuhan.

Kucing yang datang ke klinik hewan dengan keluhan gangguan lambung dan tidak mau makan selama satu hari biasanya mengalami dehidrasi. Dokter hewan akan memberinya terapi cairan sebagai support kondisi awal, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara general. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan darah dan urin, x-ray, atau USG untuk mendiagnosis penyebab dan tingkat keparahan gangguan lambung yang diderita oleh kucing.

Penanganan penyakit yang dilakukan dokter hewan akan didasarkan pada penyebabnya, dapat berupa obat-obatan selama beberapa hari untuk kasus akut yang ringan seperti pergantian pakan atau stress, hingga terapi bedah jika terdapat gangguan organ atau adanya benda asing berbahaya dalam saluran pencernaan kucing (corpora aliena). Terapi supportive sangat penting dilakukan sebelum terapi lanjutan, apabila kucing Anda benar-benar tidak mau menyentuh makannya, ada baiknya Anda tetap menyuapinya dan memberinya minum dengan menggunakan spuit untuk menghindarai dehidrasi, karena dehidrasi dapat memperburuk keadaan secara drastis akibat shock pada sirkulasi darahnya. Lebih disarankan untuk kepada dokter hewan sebelum memberi kucing obat-obatan atau mengganti pakannya. (Baca pula: Alergi makanan pada anjing dan kucing)

Untuk meminimalisir terjadinya gangguan lambung pada kucing, lakukan pergantian pakan secara perlahan dengan mencampurkan pakan lama dan pakan baru dengan proporsi tertentu, jauhkan kucing Anda dari mainan-mainan kecil yang mungkin tertelan, dan benda-benda tajam berbahaya. Jika si kucing suka makanan basah atau ikan sebaiknya berikan bagian dagingnya, buang tulang atau durinya. Selain itu, juga lakukan grooming secara teratur terutama bagi kucing longhair untuk mencegah adanya hairballs dalam saluran pencernaannya.

 

17 Comments

  1. assalamalikum,, dok, aku punya kucing 7 ekor dok, cmn dua diantaranya sejak kemarrin bermasalah ,, yg satu tiba tiba ga mw makan,, dan tiap kali disuapin,, dia muntah cairan kuning gitu, mpe skrng masih seperti itu, dan yg seekornya lagi,, kayaknya keracunan ikan mentah dok, tolong bgt solusinya,,, pingn bgt bawa ke dokter hewan tp didaerah sini ga da dokter hewan, makaish sebelumnya dok

    1. Walaikumsalam gangguan lambung biasa terjadi akibat dari infeksi virus, benda asing maupun iritasi pada lambung. pertolongan darurat di rumah: beri minum air gula sebelum memberi pakan, beri pakan basah yg lembut dengan porsi sedikit tapi sering. Selanjutnya segera bawa ke dokter hewan terdekat. Biasanya dinas peternakan setiap daerah / kota memiliki klinik hewan, namun jika tidak tersedia anda dapat meminta info dari dinas tsb divisi kesehatan hewan ttg dokter hewan praktek terdekat

  2. Assalamualaikum,
    Dok,kucing sy tertelan pacat. Apakah pacat itu bisa mati dalam pencernaan kucing? Sebenarnya udah pernah kejadian kayak gini pada kucing satu lagi, tp kucingnya nggak kenapa2 sampek sekarang. Tp sy khawatir, takut pacatnya berkembang biak dalam perut. Gimana dok?

    1. wa’alaikumsalam warrahmatullah wabarakatuh
      apakah yang dimakusud pacat itu adalah sejenis lintah, gol. molusca? apabila benar hewan tersebut, anda tidak perlu khawatir.
      jika kucing dengan sengaja memakannya, lintah tersebut akan terkunyah dan tercabik di rongga mulut. kemudian saat tertelan, di lambung kucing juga akan dicerna oleh enzim-enzim dan cairan asam lambung (hidroclorida/HCL). insyaAllah Aman. teruslah dipantau, salah satu tanda yang paling sering terjadi apabila terdapat parasit yang hidup pada hewan kesayangan adalah terjadinya gejala anemia, yang ditandai dengan kelemahan, lesu, gusi dan kulit dalam mata memucat.

  3. dok, kucing ku nelan benda yang mirip seperti bulu kemoceng(bulu ayam/burung) tapi bahnnya lebih lembut, benda tsb berasal dari kipas bulu. bagaimana itu dok? dia belum muntah atau mngeluarkan lewat kotoran

  4. dokter yang terhormat….mau tanya apa penyebab kucing tidak bisa buang air kecil dan BAB ???

    Tadi siang seekor kucing Himalaya ku meninggal karena tidak bisa bab dan kencing..padahal sehari sebelumnya kami sudah bawa kucing kami ke dokter hewan..dibantu dengan penyedotan air kemihnya dan dia berikan obat racikan yang terdiri ciphofioxaxin, adona, spasminal..Neurobion bukannya seger kucing ku malah sekarat…….tolong bantu penjelasannya yach bu dokter..sebelumnya kami ucapkan terima kasih

  5. Permisi dok…., kitten saya tertelan karet ujung pelontar obat, kitten masih lincah dan makan masih lahap…, apakah dapat keluar melalui pup benda yang masuk tersebut?

    1. Mbak, kucingmu gmn? Baru kemarin kitten ku usia 1 bulanan tertelan ujung dotnya… Bingung menanganinya krna sebelumnya lg diare.. jd maaf, pantatnya lecet dan masih sy kasih pediatric weaning biar sembuh diarenya, sy gabisa bedain itu blm sembuh apa karna tertelan dot tsb atau karna masih blm sembuh dr diare… Trims

      1. Maaf asqa…aq baru liat email.., sejauh ini aman..krn lembut dan kmrn aq paksain dy muntah dgn kasih vco 2cc biar muntah…g ad keluar tuh karet pelontar…, pup nya jg dah aq korek2 (dicekokin makanan banyak2…emang anaknya doyan makan jg jadi gampang nyuruh dy makan banyak biar pup), kata dokter keq ya sich dah kecerna sendiri jd aman…,

  6. Assalamu’alaikum dok,
    sy mau nanya ni dok, knp ya ketiga kucing sy suka BAB-ny encer yg disertai lendir. Kemaren udah sy kasi obat cacing Drontal Cat, tpi masih aja begitu keadaany. beberapa hari kemudian Lalu sy kasi obat sakit perut Norit tpi gak sembuh-sembuh. Yang dua kucing sy sih nafsu makannya bgus, beda yg satunya lagi terlihat lemes, gusiny pucat, dan nafsu makannya berkurang. sekian dan terimakasi dok

  7. dok, kucing saya tidak mau makan dan minum. BAB warna coklat tua lembek tidak diare, muntah berwarna putih kental 1 kali. Saya curiga setelah diberi susu kucing tetapi hanya sedikit sekali dia mau minum. dia hahis melakukan vaksin rabies ini hari ke 4. masih agak demam. gimana dok?

  8. Halo dok, saya mau tanya, kucing saya pup nya mencret tapi saat dia pup susah mau keluarinnya bagaimana cara mengatasinya? apa karena sering ganti ganti makanan jadi begini?

  9. Assalamu’alaikum dok. Dari kemarin kucing saya tidur terus gak turun* dari tempat tidur sampe sore. Baru nyadar pas malemnya kalo kucing saya itu mungkin sakit. Dugaan saya mungkin tersedak tulang ikan. Sampe skrg kucing saya gak mau makan dan minum. Muntahnya berbusa terus wktu saya teteskan air k mulutnya (karena gak mau minum sendiri) ia kayak kesulitan nelen airnya. Mohon infonya dok

  10. Assalamualaikum dok…
    Aq mau nanya untuk pengobatan yg bisa kasih secara langsung tanpa hrus ke klinik hewan atau drh apa ya dok? Karna di t4 saya msih jrg ada klinik hewan or drh.

  11. Assallamuallaikum selamat malam dok,
    maaf sebelumnya ada yg ingin saya tanyakan..
    Saya punya kucing umur 5 bulan, 1 minggu yg lalu kucing saya sudah di bawa kedokter hewan terdekat dan dokter tersebut mengatakan bahwa kucing saya terinfeksi radang lambung yg di sebabkan oleh kecoa (suka bermain dengan kecoa walau tidak sampai termakan) dan sampai sekarang tgl 4-03-18 kucing saya masih tetap dlm keadaan yg sama, tidak mau makan dan lemas (hanya bisa berdiam)
    Padahal selama hampir 1 minggu ini saya sudah berusaha untuk beli pakan yg mungkin bisa mudah untuk di makan oleh kucing saya yg keadaan nya sedang seperti ini..
    Nah menurut dokter tindakan apa lagi yah dok yg harus saya lakukan ?
    Apa saya harus membawa kucing saya kedokter lagi atau dengan dokter yg berbeda ?
    Apa saya harus menunggu sampai obatnya habis dulu dan kalo memang masih tidak ada perubahan baru saya bawa kedokter lagi ?
    Atau mungkin selain membawanya kedokter ada cara penanganan yg lain untuk penyembuhan kucing saya ?
    Karna saya benar2 engga tega makin hari makin kurus dan tidak berdaya..😭
    mohon pencerahan dan jawabannya makasih dokter 🙏🏻

  12. Assalamualaikum dok,

    Mau tanya bgini dok perut kucing sy kok berwarna ungu seperti memar setelah diperhatikan seperti usus yg mau keluar itu kenapa ya dok dan bagaimana mengobatinya.

    Terima kasih, Wassalam,

  13. Dok kalo kucing mencret trus udh sembuh tapi dia muntah yang ada fesesnya, itu gimna ya dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *