Rahasia Nikmatnya Daging Sapi Wagyu

Selama ini kita mungkin terbiasa ‘dikagetkan’ dengan harga kebutuhan pokok yang tiba-tiba naik dihari menjelang lebaran. Salah satu kebutuhan yang harganya tiba-tiba meroket tersebut adalah daging sapi. Namun tahukah anda, bahwa ada daging sapi yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga sapi biasa menjelang lebaran?

Ya, daging sapi tersebut merupakan daging sapi Wagyu.  Daging Wagyu ini ditaksir memiliki harga sekitar Rp 2.700.000,- untuk kemasan 500 gram. Sedangkan untuk daging sapi Kobe yang merupakan salah satu jenis daging Wagyu jenis khusus, dihargai sekitar 31.500 yen atau Rp 3.700.000,- per 870 gram. Bagian termahal dari sapi Wagyu adalah Tenderloin dan disusul dengan Sirloin yang biasa digunakan untuk memasak steak.

Daging Wagyu adalah

premium steak wagyu

Istilah Wagyu sendiri memang berasal dari bahasa Jepang, dimana Wa berarti Jepang dan Gyu yang berarti Sapi. Jenis sapi ini memang pertama kali dibudidayakan di Kobe, Jepang. Sapi Wagyu memiliki empat ras diantaranya Sapi Hitam Jepang (Kuroge Washu), Sapi Cokelat Jepang (Akage Washu), Sapi Tanpa Tanduk Jepang (Mukaku Washu), dan Sapi Tanduk Pendek Jepang (Nihon Tankaku Washu). Satu ras di antaranya memiliki kecenderungan genetik berupa pemarmeran (marbling) dan produksi lemak tak jenuh yang tinggi.

Hal inilah yang membuat sapi Wagyu memiliki perbedaan mencolok, dengan level terbaik pada pola marbling pada daging dan kualitasnya. Visualisasi marbling berupa bintik-bintik putih yang tersebar merata pada daging di mana semakin banyak bintik-bintik tersebut maka rasa daging tersebut akan semakin nikmat, dengan tekstur yang lebut bagai meleleh dalam mulut ketika menyentuh lidah.Nom nom…

Ciri Daging Wagyu

Kualitas daging Wagyu memang memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan daging sapi lain yang ada di dunia. Menurut para pakar masakan terkemuka, daging Wagyu memiliki nilai sempurna untuk segala aspek yang dimilikinya seperti warna daging, warna lemak, lapisan lemak serta tekstur dagingnya. Selain itu, faktor lain yang membedakan adalah lapisan lemak antar serat daging yang cukup banyak. Hal ini cukup membuat kita mampu menarik kesimpulan bahwa serat daging dan perlemakan merupakan faktor yang membuat daging ini menjadi begitu nikmat.

Simak: Bisnis Penggemukkan Sapi Pedaging

Daging Wagyu juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi daripada sapi pada umumnya. Karena harganya yang sangat mahal dan karakternya yang khas maka dalam memasak daging ini dilakukan sesegera mungkin setelah proses pemotongan dilakukan. Penyimpanan beku pun harus dilakukan sesegera mungkin setelah dipotong dalam deep freezer. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar aroma dan rasa dagingnya tetap terjaga. Untuk hasil terbaik maka sebaiknya daging Wagyu dimasak medium.

Perlakuan Saat Pemeliharaan Sapi Wagyu

sapi wagyu di padang gembala

Perlakuan yang diberikan kepada sapi Wagyu ini bisa dibilang mirip dengan perlakuan yang diberikan kepada raja. Semenjak usia 3 bulan sapi Wagyu sudah mulai masuk peternakan dengan desain khusus dimana suhu didalamnya sangat terjaga agar tidak terlalu dingin maupun panas. Untuk masuk kedalamnya, pekerja diharuskan mensterilkan dirinya agar sapi terhidar dari kuman. Selain itu, jangan harap bisa menemukan peternakan mereka didaerah perkotaan maupun pedesaan karena peternakan mereka hanya dibangun didaerah pegunungan yang indah. Hal ini dilakukan supaya sapi terhindar dari keramaian dan merasa tenang. Selain itu pemandangan indah yang ada disekitarnya akan membuat sapi terhindar dari rasa stres.

Baca juga: Beberapa Jenis Hijauan Unutk Makan Ternak Anda

Ada perlakuan khusus dimana sapi Wagyu diberi pijatan dan shake untuk membuat lemak tersebar sempurna ke seluruh tubuh dan bebas dari kutu. Shake diberikan untuk membuat sapi agak mabuk sehingga sapi merasa lebih rileks dan membuat dagingnya lebih lembut dan empuk ketika dimakan. Sapi Wagyu tentu tidak hidup selalu di dalam kandang dan mereka boleh berkeliaran di padang rumput hijau yang tentunya geraknya dibatasi. Untuk masalah pakan, sapi Wagyu sangat diperhatikan asupan gizinya. Sapi Wagyu diberi pakan seperti dedak, gandum, rumput hijau yang bukan jerami, jagung, dan juga kedelai. Makanan tersebut dilengkapi dengan berbagai macam buah dan sayur yang dilumatkan terlebih dahulu untuk kelengkapan vitamin dan mineralnya.

Untuk membuat sapi bahagia dan terlepas dari stres, menempatkan dipegunungan saja masih belum cukup. Setiap pagi, mereka begitu dimanjakan dengan di elus-elus dan diajak bicara layakanya berbicara kepada anak sendiri. Bahkan, sapi selalu diperdengarkan musik klasik setiap harinya. Kombinasi shake dan musik klasik akan membuat sapi merasa mengantuk dan rileks setiap hari. Sapi selalu dimandikan dan disikat setiap harinya sehinga kebersihan sapi tetap terjaga.Ketika dipotong pun, sapi sengaja dibuat mabuk dengan diberi bir atau whisky supaya ketika dipotong sapi dalam keadaan rileks. Hal ini penting dilakukan agar urat ototnya tidak mengeras.

Karena kualitas daging terbaik dihasilkan oleh sapi-sapi yang bahagia… (Maria)

Pecinta Satwa
Freelance Contributor at Pecinta Satwa [dot]com
Beberapa kontributor lepas yang menulis artikel untuk Pecinta Satwa [dot]com. Masih ada yang aktif menulis dan ada yang sudah tidak aktif.