“Apakah anda salah satu pemelihara kucing yang selalu memberikan pakanan siap saji / dry food kepada

Kucing yang gelisah acap kali ke litter box

Kucing yang gelisah acap kali ke litter box

kucing anda?Apakah kucing anda jantan dan mengalami kesulitan saat buang air kecil? Bila iya berhati-hatilah dengan kejadian urolithiasis atau batu pada saluran perkencingan, kucing anda berpotensi mengalami urolithiasis / Kencing Batu

 

 

 

 

 

Penyebab Kencing Batu pada Kucing

Meningkatnya taraf hidup masyarakat berpengaruh terhadap gaya hidup bermasyarakat. Salah satu diantaranya adalah meningkatnya pemilik kucing sebagai hewan kesayangan, dimana seringkali kucing sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga mereka. Kecintaan yang berlebih terhadap hewan kesayangan menyebabkan pemilik memberikan makanan yang sama dengan makanan yang dikonsumsinya, selain pet food yang dijual di pasaran dengan berbagai macam merek. Banyak pemelihara tidak memperhatikan faktor nutrisi yang terkandung dalam makanan yang diberikan kepada kucing, disisi lain pencernaan kucing tentunya berbeda dengan manusia, begitu pula jenis makanan yang harus diberikan.

pet food yang banyak dijual di petshop

pet food yang banyak dijual di petshop

Salah satu pakan yang sering diberikan kepada kucing kesayangan adalah pet food dalam bentuk dry food. Pemberian pakan dry food dapat mengakibatkan perubahan pH pada urin, selain itu dapat menyebabkan kosentrasi mineral yang berlebih pada urin. Pemberian pakan tanpa diimbangi dengan pemberian minum yang cukup akan menyebabkan timbunan mineral pada saluran perkencingan yang lama kelamaan akan membentuk batu yang dapat menyubat saluran perkencingan. Proses tersebut bersifat kronis dan baru terlihat pada kucing dalam waktu yang cukup lama.

Proses dan Jenis Kencing Batu pada Kucing

Tingkat kejadian lebih sering pada kucing jantan dibanding betina, karena kucing jantan memiliki anatomi saluran perkencingan yang lebih panjang dibandingkan dengan betina, sehingga menyebabkan deposisi mineral lebih cepat bertumpuk pada saluran perkencingan kucing jantan.

Jenis batu yang terdapat pada saluran perkencingan kucing bisa bermacam-macam bisa terbentuk dari satu macam mineral atau gabungan degan mineral lainya. Jenis batu yang terbentuk diantaranya adalah batu struvite dan oksalat, pada awalnya mineral tersebut akan mengendap dan membentuk inti, inti tersebut lama kelamaan akan membentuk lapisan demi lapisan dan akan terus menebal menjadi bentukan pasir hingga batu dalam saluran urinaria.

Lapisan -lapisan batu saluran kencing

Lapisan -lapisan batu saluran kencing

Kucing yang mengalami kencing batu dapat terlihat dari frekuensi buang air yang lebih sering dari biasanya, merasa gelisah (selalu ke litter box), jumlah urin yang dikeluarkan hanya sedikit dan terkadang disertai dengan kencing berdarah, ada rasa sakit ketika dipegang dibagian perut, dan apabila gejala sudah cukup lama maka akan menyebabkan kucing mengalami muntah, lesu, serta tidak mau makan. Jika kucing anda mengalami hal-hal tersebut segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Tips Menurunkan Resiko Kencing Batu pada Kucing

Kejadian urolithiasis akan kembali terulang apabila kita menerapkan manajemen pemberian pakan yang salah, beberapa tips yang dapat menurunkan resiko terjadinya urolithiasis adalah sebagai berikut :

Kristal struvite pada saluran perkencingan kucing secara mikroskopis

Kristal struvite pada saluran perkencingan kucing secara mikroskopis

  • Apabila kucing anda diberi pakan kering selalu sediakan minum secara ad libitum (tak terbatas) agar mineral tidak menumpuk pada saluran perkencingan,
  • Pilih lah pakan yang rendah mineral, beberapa produk pakan hewan menyediakan pakan khusus yang rendah mineral untuk mencegah urolithiasis,
  • Berikan variasi pakan basah kepada kucing peliharaan,
  • Selalu kontrol kesehatan kucing kesayangan kita kepada dokter hewan 6 bulan sekali.

 

 

Hizriah Alief Jainudin, drh.
Alumni Dokter hewan UGM (2013), Mahasiswa S2 Medis Klinis FKH UGM, Praktisi Pet and Exotic Animal di Sleman Yogyakarta.