Cara Merawat Kuda

PecintaSatwa.com – Pagi para penghobi kuda, kebersihan dan kesehatan kuda adalah hal yang paling utama, kuda yang bersih akan berdampak langsung dengan terjaganya kesehatannya, sehingga ia dapat fit saat berlari, berpacu dan berprestasi. Makanan sehat dan rutinitas mandi (grooming) selalu menjadi perhatian utama untuk menjaga kesehatan kuda kesayangannya, karena itu bagi anda para pecinta kuda. perawat kuda, pelatih kuda dan owner, sudah selayaknya anda memberikan yang terbaik bagi kuda kesangan anda, berikut adalah tips-tips yang dapat anda lakukan saat memandikan kuda-kuda favorit anda. (Simak juga: Thoroughbred Horse – Si Anggun Berdarah Panas)

grooming kit untuk kuda

grooming kit untuk kuda

Tips Memandikan Kuda

1 Amankan kuda Anda.

Meski beberapa kuda sudah cukup terlatih untuk tetap berdiri ketika Anda melakukan grooming, tetapi masih terdapat beberapa kuda yang secara alami berpaling dari Anda ketika Anda melakukannya. Ikatlah kuda Anda dengan ikatan yang mudah dilepas di tiang, atau minta teman atau kolega (jika Anda bekerja dengan kuda) Anda untuk memegang kuda Anda. Jika Anda mengikat kuda Anda di tiang, selalu gunakan ikatan yang mudah dilepas. Jika terdapat sesuatu yang menakuti kuda Anda dan ia mencoba lari atau jatuh dan Anda menggunakan ikatan biasa, leher dari kuda Anda akan dapat patah dan itu merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kuda Anda. Tetapi, pastikan juga ikatan Anda tidak terlalu longgar agar kuda Anda tidak kabur dari Anda.

2.Lepas tapak kuda dari kuda Anda.

Untuk mengangkat kakinya, letakkan tangan Anda di telapak kaki kuda Anda dan remas uratnya secara halus. Jika ia tidak mengangkat kakinya, bersandarlah di bahunya dan angkat kakinya. Gunakan hoof pick, mulai dari tumit dan korek ke arah ujung kaki, dengan berhati-hati membersihkan semua batu, tanah, dan kotoran lainnya. Pastikan Anda membersihkan lekukan di dua sisi dari frogFrog (Bagian licin berbentuk V dari tapak kuda) bagian yang lebih sensitif, jadi jangan gunakan hoof pick di bagian ini. Menggunakan hoof pick pada frog dapat menyebabkan frog menjadi timpang karena benda ini sangat sensitif.

Dengan mengorek kaki terlebih dahulu, Anda akan menyadari jika terdapat ketimpangan sebelum Anda selesai melakukan grooming pada kuda. Mengorek kaki terlebih dahulu sangat disarankan karena Anda tidak hanya melihat ketimpangan, tetapi Anda juga dapat menghindarinya dengan menyingkirkan batu dan tanah yang dapat merusak frog atau melecetkannya. Mengorek tapak kuda sebelum Anda mengendarai kuda Anda merupakan hal yang sangat penting, terutama jika kuda Anda akan memakai tapak tersebut, karena ini akan membuat kuda merasa lebih nyaman. Mengorek kaki kuda Anda dapat juga berguna untuk menyingkirkan dan menghindari jamur hitam lengket yang berkembang di sekitarfrog.

Tidak ada waktu khusus untuk melakukan grooming karena Anda dapat kapan saja mengangkat kaki kuda Anda. Yang paling penting adalah Anda melakukannya sebelum dan sesudah Anda mengendarai kuda.

3 Gunakan curry comb untuk menyingkirkan bulu yang longgar dari kuda Anda.

Curry comb karet dirancang untuk melonggarkan tanah, lumpur, dan kotoran yang terdapat di bulu kuda Anda dan umumnya Anda menggunakannya searah dengan arah dari bulu kuda Anda. Untuk hasil yang terbaik dan agar kuda Anda tetap terawat, gunakan curry comb sebelum Anda menyikat kuda Anda. Gunakan curry comb dalam gerakan melingkar kecil yang kuat di atas otot kuda. Hindari area yang bertulang seperti muka, tulang belakang, dan kaki.

Di satu sisi, gunakan curry comb secara berurut dari leher, tubuh, dan bokong. Lalu, ulang kembali pada sisi lain dari kuda.Curry comb harus digunakan dengan gerakan melingkar pada arah yang berlawanan dari pertumbuhan bulu kuda. Hal ini akan menarik rambut dankotoran yang longgar yang akan disikat.

  1. Gunakandandy brush(disebut juga dengan sikat keras).

Dandy brush adalah sikat dengan bulu yang keras untuk menyingkirkan tanah dan rambut yang dilonggarkan dengan curry comb. Gunakan sikat ini dalam gerakan pendek yag lurus agar bulu sikat masuk ke seluruh bulu kuda dan dapat membersihkan kotoran. Mulai dari leher dan berakhir di ekor. Anda tidak disarankan untuk menggunakan dandy brush pada kaki kuda karena kaki dari kuda lebih sensitif dibanding tubuhnya. Kaki kuda merupakan bagian yang bertulang dan kecil sehingga tidak nyaman bagi kuda jika bagian kakunya disikat terlalu keras dengan dandy brush

Jangan gunakan dandy brush pada muka, telinga, rambut kuda, ekor, kaki, atau area yang bertulang, karena alat ini dapat menyebabkan kuda langsung merasa gelisah. Hal ini dapat membuat kuda merasa stres, takut, atau terkejut. Jika perlu, gunakan kain halus pada bagian yang dibenci oleh kuda jika Anda menggunakan dandy brush.

5 Bersihkan dengan menggunakan sikat halus (disebut juga dengan sikat tubuh).

Sikat halus, seperti namanya, dapat digunakan di seluruh area kuda sebagai hasil dari teksturnya (berhati-hati ketika menggunakannya di sekitar muka). Sikat halus membersihkan sisa-sisa debu dan bulu. Selesaikan grooming tubuh pada kuda dengan menyikat seluruh tubuhnya, termasuk area yang sensitive seperti muka dan kaki.

Jika Anda ingin menggunakan sikat yang berbeda untuk muka, gunakan sikat muka. Sikat muka ini dirancang untuk menyikat muka kuda. Sikat ini terlihat seperti miniatur dari sikat halus dan lebih mudah untuk cocok di muka kuda.

6.Bersihkan muka kuda.

Ambil spons basah atau lap basah, lalu usapkan pada mata dan hidung kuda Anda. Gunakan spons/lap yang berbeda untuk area bokongya (di bawah ekor), karena area ini biasanya lembab, kotor, dan berjamur dan perlu dibersihkan. Ingatlah untuk melakukan ini dengan halus; area-area ini sensitif.

Gunakan spons/lap yang berbeda untuk tiap kuda (jika Anda melakukan grooming pada banyak kuda) untuk menghindari penyebaran infeksi.

7 Bersihkan rambut kuda dan ekor.

Gunakan sisir atau sikat rambut kuda dengan bulu lebar untuk menghilangkan kekusutan pada rambut dan ekor kuda. Sebelum Anda memulai, gunakan jari Anda untuk memisahkan rambut yang kusut. Pegang seluruh bagian yang besar dari rambut kuda dengan satu tangan (untuk menghindari tarikan) dan sikat dengan tangan Anda yang satu lagi. Ketika menyikat ekor, berdirilah di samping kuda untuk menghindari membuat ia terkejut atau membuat ia menendang. Dengan ini, jika kuda menendang, Anda berada di posisi yang aman dan kemungkinan kecil untuk Anda disakiti. Lanjutkan menyikat dari sisi kuda hingga Anda sudah menyikat seluruh ekornya.

Pastikan Anda berbicara dengan kuda Anda dan terus meletakkan tangan Anda pada kuda agar ia tidak menjadi ketakutan. (Pelajari: 8 Jenis Doping Kuda Pacu – Penambah Prestasi atau Penambah Masalah?)

Jika Anda ingin menggunakan produk rambut, gunakan semprotan alami rambut/ekor kuda yang sepenuhnya alami, bukan terbuat dari silikon. Semprot dan sikat. Selain untuk membuat rambut/ekor kuda Anda tidak kusut, semprotan ini akan membuat rambut dan ekor kuda Anda menjadi berkilap.

8 Ketika musim panas atau saat suhu sedang panas, Anda perlu menyemprot kuda Anda dengan menggunakan semprot lalat karena lalat dapat menjadi sangat mengganggu.

Lalat ini dapat berkembang di sekitar muka dan menyebarkan infeksi. Lalat besar yang disebut dengan lalat kuda dapat menggigit dan membuat kuda Anda kesakitan. Lalat ini juga dapat menganggu Anda. Semprot kuda Anda namun hindari mukanya.

Keep clean and health then run fast…

Kontributor:

Drh.Arya Pradana Wicaksono.,M.vet

 

Pecinta Satwa
Freelance Contributor at Pecinta Satwa [dot]com
Beberapa kontributor lepas yang menulis artikel untuk Pecinta Satwa [dot]com. Masih ada yang aktif menulis dan ada yang sudah tidak aktif.