Anjing Siberian Husky

PecintaSatwa.com – Di artikel sebelumnya, telah kita bahas mengenai ras-ras anjing primitive, dengan bentuk tubuh yang masih menyerupai serigala sebagai kerabat jauhnya. Hampir mirip dengan ras anjing primitive, Siberian husky juga memiliki bentuk kepala serigala yang khas, namun husky lebih dikategorikan sebagai anjing penarik kereta luncur di atas es (Spitz Type Dogs).

Asal usul Siberian Husky

Dari nama nya, sudah bisa diperkirakan dari mana husky berasal, ya! tentu saja dari Siberia, Rusia. Sejak jaman dahulu, husky memang telah dimanfaatkan penduduk asli Siberia Timur untuk menarik kereta luncur di atas permukaan bersalju dan Es, karena itu jenis ras husky hingga saat ini selalu popular di kawasan-kawasan bersalju, terutama daerah kutub utara. (Baca juga:Tips Menyikat Gigi pada Anjing)

Husky sangatlah energik dan tahan dengan suhu dingin yang ekstrim, sifatnya yang baik hati dan pemberani sangat disukai para pengembara dan penduduk sebagai teman dalam, petualangan dan penjelajahan di cuaca bersalju. Karena itulah, dengan berkat kekuatan dan kepekaan instingnya, hingga saat ini Siberian husky memiliki tradisi sebagai bagian utama dari olahraga dan perlombaan kereta luncur.

Ciri Khas Siberian Husky

Husky khas dengan corak warna abu-abu serigala dengan kombinasi warna putih dibagian kaki, muka dan tubuh bagian dalam (dada dan perut), tapi jangan salah, siberian husky juga memiliki varian warna lainnya yang cantik, berdasarkan Siberian Husky Club America terdapat beberapa warna yang tak kalah cantiknya sperti red and white, sable and white, dan solid white. Ekor husky yang indah berbulu tebal, telinganya tegak berbentuk segitiga, dengan moncong panjang dan cermin hidung berwarna hitam, menjadikannya semakin mirip saja dengan karakter serigala.

siberian husky putihAnjing kuat dan pemberani ini termasuk jenis anjing medium dengan tinggi berkisar 51-60 cm, dan berat badar sekitar 16-27 kg. rataan masa hidup Siberian husky hingga belasan tahun, yang harus anda perhatikan, semakin tua usia anjing, anda harus semakin perhatian pada kondisi fisik dan kesehatannya, disarankan anda melakukan general check up untuknya setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali, meski tidak terlihat sakit atau kelainan apapun padanya, hal ini bertujuan untuk mendeteksi dini segala kemungkinan terjadinya penyakit pada hewan kesayangan anda sejak dini, sehingga dapat ditangani secepatnya jika terjadi kelainan, dan kemungkinan recoverynya akan semakin tinggi.

Memelihara Siberian Husky

Meski Siberian husky berasal dari negara beriklim dingin dan identik dengan salju atau es, ia dapat pula hidup di daerah tropis seperti Indonesia, jadi Anda pun dapat memeliharanya dan menjadikannya sebagai sahabat yang menyenangkan. Jika anda berencana atau ingin memelihara Siberian husky, perlu Anda perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Husky merupakan anjing yang dinamis dan energik, ia menyukai kegiatan diluar rumah, dan membutuhkan latihan dengan intensitas tinggi untuk membakar energinya, jadi Anda harus menyediakan waktu untuk dia berlatih lebih dari 2 jam sehari. Jika anda tidak memberinya kesempatan untuk banyak berlatih dan lebih sering mengurungnya dirumah, biasanya ia akan cenderung ribut dan hiperaktif di rumah. Jangan lupa untuk memberi minum yang cukup setelah s cuaca di Indonesia yang panas menyebabkan husky lebih cepat kehilangan cairan.
  2. Grooming dibutuhkan anjing ini lebih sering, meski tidak setiap hari setidaknya anda harus memandikan husky yang Anda miliki lebih dari sekali dalam satu minggu.
  3. Untuk latihan-latihan khusus, husky cukup cerdas dan dapat memahami perintah atau arahan, namun untuk mendapatkan hasil sempurna, anda membutuhkan sedikit kesabaran untuk melatihnya.
  4. Husky cukup mudah bersosialisasi dengan manusia maupun hewan lain, anda dapat memeliharanya diumur berapa pun, akan tetapi lebih disarankan sejak ia masih puppy, karena ikatan batin yang terjalin antara Anda dan Siberian Husky yang anda miliki akan sangat kuat.
  5. Karena husky berasal dari daerah dingin Siberia, maka dalam memelihara hendaknya memiliki ruangan dengan pendingin udara (Air Conditioner) terutama pada kota dataran rendah seperti Surabaya, Jakarta, Makasar dll. Sangat dianjurkan anjing husky dipelihara di kota dengan hawa yang lebih sejuk karena merupakan tempat yang lebih cocok untuk memelihara husky agar keindahan bulunya tetap terjaga juga kesehatannya. (Anda perlu tau:Waspadai Canine Influenza – Flu pada Anjing)

Bagaimana? Siap memeliharanya? Pilihlah anjing yang tepat untuk anda dan keluarga. Perlakuan yang baik (animal welfare), cinta dan kasih sayang kita adalah hal utama dan terpenting dalam memelihara anjing, karena dia dapat memahami bahasa kasih kita meski tanpa kata-kata. so choose the right Dogs for you.

 

Tri Bhawono Dadi, drh., M.Vet.