Mitos – Mitos tentang Kucing

PecintaSatwa.com – Kucing telah menjadi hewan kesayangan manusia dan berkembang seiring dengan kebudayaan manusia sejak dahulu kala, bahkan dalam kepercayaan mesir kuno mereka mensucikan Dewi Kucing bernama Bastet, yang berwujud wanita cantik berkepala kucing. Awal mulanya kucing didomestikasikasi untuk dijadikan penjaga lumbung padi dari serangan tikus, akan tetapi sifatnya yang lucu dan menggemaskan telah meluluhkan banyak orang untuk menjadikannya hewan kesayangan, bagian dari keluarga tercinta. (Baca: Memahami Kucing dan Karakternya sebagai Peliharaan)

Peradaban terus berkembang sebagaimana kebudayaan terbangun hingga menjadi masyarakat modern saat ini, namun di dalamnya masih terdapat mitos-mitos yang masih dipercaya dan diwariskan turun temurun oleh sebagian orang, termasuk mitos-mitos tentang kucing, yang kebenarannya masih dipertanyakan.

Beberapa mitos dan fakta tentang kucing

Kucing Memiliki 9 Nyawa.

Ini benar-benar mitos yang terkenal diseluruh dunia. Kenyataannya, sebagaimana makhluk pada umumnya, kucing tidak memilikinya, hanya saja kucing adalah hewan yang sangat cerdas, lincah dan gesit, jadi kadang kala ia terlihat sebagai hewan yang “lebih beruntung” daripada anjing.

Kucing Sangat Membenci Air.

Ternyata tidak semua kucing takut air. Pada dasarnya kucing memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Banyak kucing, baik domestik maupun ras sangat menyukai benda-benda basah dan air mengalir seperti kran air, wastafel, bak mandi, bahkan kloset. Terlebih jika musim panas datang, tak jarang Anda menjumpai kucing tidur di dalam kamar mandi.(Simak juga: Saat Hujan Melanda – Waspadai Feline Distemper)

Kucing Dapat Menjadi Vegetarian.

Hal ini tidak benar. Kucing merupakan hewan karnivora obligat, ia membutuhkan protein hewani untuk bertahan hidup, bahkan jumlah protein yang diperlukan lebih tinggi dari anjing. Beberapa kucing memang menyukai sayur dan buah-buahan, namun hal ini tidak dapat dijadikan patokan untuk menjadikan kucing sebagai vegetarian. Apabila kucing dipaksakan menjadi vegan, maka lambat laun akan terjadi gangguan metabolisme yang sangat berbahaya bagi kehidupannya.

Susu Sapi Baik Untuk Kucing.

Paradigma ini semakin meyakinkan, saat Anda melihat kucing Thomas minum susu sapi setiap hari dalam serial “Tom and Jerry” . fakta nya, kucing sangat lactose intolerant terhadap susu spesies lain, termasuk susu sapi, akibatnya akan terjadi gangguan pencernaan seperti diare atau muntah jika kucing diberi susu sapi.

Kucing Selalu Ingin Dimanja.

Memang benar bahwa kucing hewan yang sangat manja, tapi jangan salah, kucing juga hewan yang penyayang, dia tau siapa majikannya dan sangat mencintainya. Bahasa cinta yang sering diungkapkan kucing adalah dengan memberi hadiah pada tuan yang dicintainya, hadiah itu biasanya berupa benda-benda atau makanan yang ia sangat sukai. Jangan kaget jika pagi-pagi Anda bangun menemukan mainan kucing, pakan kucing kering, serangga, bahkan tikus hasil buruannya disebelah bantal Anda. Itu lah bahasa kucing untuk menyatakan “I love you so much master”.

Kucing yang Dipelihara di Dalam Rumah Akan Sakit-Sakitan.

Pernyataan ini bisa salah juga bisa benar. Salah, karena kucing yang hidup didalam rumah akan lebih aman dari bahaya jalanan, pertengkaran dengan kucing liar, dan penularan penyakit. Selain itu kucing rumahan cenderung lebih sejahtera, ia tidak perlu berburu untuk mendapatkan makanan karena telah dijamin oleh ownernya. Benar. Apabila Anda memelihara kucing namun dibiarkan sering sendiri di rumah. Kesibukan Anda dapat menjadikan si kucing stress karena ia merasa kesepian, stress ini biasanya terlihat dari caranya buang air tidak di litterbox nya, terlihat lesu dan kusut. Stress yang terjadi pada kucing biasanya akan berdampak pada terjadinya FLUTD (Feline Low Urinary Tract Disease) atau infeksi saluran kencing bagian bawah, akibatnya ia akan kesulitan kencing dan harus di kateter unuk mengeluarkan urinnya.(Baca: Inilah Tanda Cinta Si Kucing untuk Anda)

Memelihara hewan kesayangan membutuhkan komitmen dan tanggung jawab, karena kebutuhan hidupnya telah bergantung pada kita. Sejahterakan hewan kesayangan Anda sebagaimana Anda membahagiakan bagian keluarga tercinta.. (Rind)

 

[sexy_autor_bio]