Proses Evolusi Ras Anjing

PecintaSatwa.com – Serigala dan Anjing, banyak sekali kemiripan bentuk tubuh dan tingkah laku kedua jenis hewan ini, maka tak mengherankan jika anggapan umum menduga bahwa anjing dan serigala merupakan kerabat dekat secara genetic, layaknya hubungan kucing dengan harimau.

Memang benar adanya, ras-ras anjing modern yang berkembang saat ini berasal dari evolusi bangsa serigala ribuan tahun lalu, dengan urutan kekerabatan sebagai berikut:

Foxed – Ethiopian Wolf – Golden Jackel – Coyote – Grey Wolf – bangsa anjing masa kini”

Selama ribuan tahun ras-ras anjing terus berevolusi, berubah secara perlahan baik mulai dari bentuk tubuh hingga ke perilaku, didukung dengan faktor lingkungan, sosialisasi dengan manusia, pakan, iklim dan persilangan antar ras. Hasilnya, saat ini terdapat ratusan ras anjing kesayangan tersebar diseluruh dunia, menjadi teman baik manusia dan bagian dari keluarga dalam kehangatan kasih sayang, seperti anjing Siberian Husky, Golden Retriver, Pug, Buldog, Saluki, Akita, dan Chow-Chow.

Baca: Anjing Rough Collie – Ras Anjing Gembala yang setia

Satu hal yang unik dari proses evolusi Ras Anjing dari nenek moyang serigala nya hingga menjadi anjing rumahan, yaitu terdapat beberapa ras anjing modern yang masih bisa dikatakan belum berevolusi terlalu jauh, secara ilmiah pun dapat dibuktikan kedekatan genetiknya yang begitu besar dengan nenek moyangnya di daerah setempat dan sekitarnya, golongan ini disebuk kelompok anjing primitive atau kuno.

Sebagaimana para pendahulunya, ras anjing primitive memiliki beberapa ciri fisik dan behavior yang mirip dengan serigala, contohnya bentuk telinga yang lancip meruncing tegak, bentuk badan langsing gesit dan tingkah laku nya yang lebih senang hidup mandiri dari pada bersama manusia.

Ke-primitive-an tersebut juga didukung dengan adanya data-data arkeologi berupa artefak, dan lukisan dinding atau gua yang dibuat oleh manusia ribuan tahun lalu, seperti pada beradaban babilonia, mesir kuno, dan Aztec. Bentuk tubuh anjing yang digambar pada zaman itu tampak sama persis dengan jenis anjing tertentu yang dapat dijumpai saat ini. setelah dilakukan observasi lebih lanjut, ras-ras anjing yang termasuk dalam golongan anjing kuno kebanyakan merupakan jenis anjing yang jarang sekali bersosialisasi dengan manusia dan belum pernah dibudidayakan secara khusus. Dengan minimnya campur tangan manusia, anjing-anjing tersebut tetap terjaga kemurnian genetiknya meski tidak 100%, meski ribuan tahun telah terlampaui.

Simak: 10 Jenis Anjing Termahal

Berikut adalah beberapa jenis golongan ras anjing primitive:

  1. New Guinea Singing Dog

Anjing ini memiliki kemiripan genetic dengan Dingo, dapat dibilang masih bersifat liar atau semi terdomestikasi. Bagi para pecinta anjing yang suka tantangan, memelihara anjing asli Papua New Guinea ini memiliki daya tarik tersendiri

  1. Basenji

Anjing pemburu dari Afrika satu ini sangat unik, karena ia tidak bisa menggonggong. Di jaman mesir kuno, basenji kerap menjadi hewan kesayangan manusia, yang setia dan loyal sebagai sahabat dalam perburuan.

  1. Canaan Dog

Canaan Dog berasal dari Israel, mereka terkenal sebagai anjing pengawas dan penjaga karena kecerdasannya yang tinggi dan insting protektif kuat yang ia miliki.

  1. Pharouh Hound

Saat ini bangsa anjing pharouh hound modern telah dikembangkan di Malta, tapi disisi lain keberadaannya tak dapat dipungkiri dari ilustrasi anjing yang digambarkan bangsa mesir kuno bersama basenji. Karakter Pharouh Hound lembut, senang berburu, dan membutuhkan banyak exercise

  1. Canarian Warren Hound

Juga dikenal dengan sebutan Podenco Canario. Masih berkisar dengan peradaban mesir kuno, anjing pemburu kelinci ini diduga berasal dari kawasan mesir ribuan tahun lalu. Canarian Warren Hound diberkati dengan kecepatan lari yang luar biasa, penglihatan tajam, dan indera penciuman yang sensitive.

  1. Cirneco Dell’etna

Jenis anjing Cinerco sepertinya kurang cocok menjadi hewan rumahan, karena insting kuatnya untuk berburu dan menjelajah. Diduga kuat ia berasal dari sekitar gunung Etna, biasa disebut juga sebagai ras silician

  1. Ibizan Hound

Keunikan yang dimilikinya adalah kemampuan untuk berlari cepat dan melompat jauh. Berasal dari Spayol, dan merupakan tim pemburu kelinci yang hebat.

  1. Portuguese Podengo

Dari namanya saja, sudah dapat ditebak jika anjing ini berasal dari Portugal. Ras modernnya lebih bervariasi dari segi ukuran, mulai mini, medium, hingga maxi / besar. Ketelitiannya sebagai anjing pengawas mebuatnya menjadi anjing kesayangan yang ideal bagi keluarga.

  1. Carolina Dog

Masih digolongkan anjing semi-liar, sehingga perlu dilatih sejak dini jika Anda ingin menjadikannya sebagai hewan kesayangan dirumah. Carolina yang juga popular dengan nama American Dingo karena kemiripannya dengan sang moyang.

  1. Peruvian Inca Orchid

Suku Inca pada jaman dahulu telah menempatkan anjing ini sebagai bagian dari masryarakat. Sebagaimana golongan kucing yang memiliki ras sphinx, Peruvian Inca Orchid termasuk kelompok anjing tak berambut, meski terdapat jenis berambut juga pada breed unik ini.

  1. Peruvian Hairless

Lebih kuno dari Peruvian Inca Orchid, Peruvian Hairless telah ada sebelum masa Inca. Disinyalir bahwa sebenarnya ras ini berasal dari China atau Afrika sebelum dibawa ke Peru dan kawasan Amerika Selatan. Anjing cerdas ini sangat responsive dengan master nya, namun sering kali bersikap malu-malu dengan orang asing.

  1. Mexican Hairless

Di jaman Aztec anjing yang bernama lain Xoloitzcuintli sering dijadikan sebagai persembahan dalam upacara religious, karena dipercaya bahwa anjing tak berambut ini dikirim oleh Dewa dan memiliki kekuatan magic tersendiri.

 

Tri Bhawono Dadi, drh., M.Vet.