Anjing Golden Retriever

PecintaSatwa.com – Masih inget serial film “Air Bud”??, kisah seorang anak yang bersahabat dengan anjing, dan bersamanya menjadi bintang olah raga yang hebat. Anjing dalam cerita tersebut, yang biasa dipanggil Buddy selalu tampil dengan karakter baik hati dan periang. Apakah Anda tau jenis ras anjing apa itu? Dan apakah benar dia sebaik itu?? Ataukah hanya rekayasa per-film-an??, simak ulasan berikut.

Long hair dog yang fenomenal dalam film Air Bud termasuk dalam golongan anjing Gun Dog, jenis anjing ini banyak digunakan para pemburu untuk menetukan lokasi perburuan dan mengejar hewan buruan. Sifatnya yang dinamis dan suka bermain membuatnya selalu antusias untuk terlibat dalam permainan perburuan.

Sifat Anjing Golden Retriever

Golden Retriever, itulah nama Ras anjing dalam film tersebut. Secara natural, Golden memang baik hati, periang dan mudah berteman, dia sangat ceria dan suka bermain, sehingga tidak berlebihan jika banyak pengamat dog breed mengatakan bahwa tujuan utama kehidupan Golden Retriever adalah untuk bersenang senang.

Keramahan golden membuat ia mudah dekat disukai oleh orang lain, hampir selalu ia menjadi primadona di dalam rumah, siapa yang tak gemas melihat kelucuan tingkah polosnya… karena itu lah golden banyak digunakan sebagai anjing penuntun, tapi sangat tidak direkomendasikan untuk menugaskan Golden sebagai anjing penjaga. Karena saking ramahnya, ia selalu positif thingking dan baik hati pada semua orang, termasuk yang harusnya dicurigai bermaksud jahat, Nah.. Anda bisa membayangkan, ketika ada orang yang ingin menyusup rumah Anda, bukannya di kejar di-gonggong-i, orang tersebut malah disambut dengan ramah dan diajak bermain oleh Golden kesayangan Anda, salah sasaran bukan???! ( Simak: Kebuntingan dan Kelahiran pada Anjing)

Ciri Anjing Golden Retriever

anjing golden retrieverSecara fisik, anjing Golden Retriever dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut ini: bulu berwarna coklat keemasan, ekor panjang dan lurus, bulu halus dan tebal, telinga bertipe drop ears / menekuk ke bawah, telapak kaki bulat mirip kaki kucing, bermata coklat gelap, cermin hidung hitam dan area sekitar bibir terlihat gelap atau hitam.

Anjing Golden Retriever, digolongkan dalam kelas anjing medium secara ukuran, dengan berat badan berkisar antara 25-34 kg, dan tinggi sekitar 51-61 kg. kebanyakan berwarna coklat keemasan, akan tetapi ada satu varian warna lagi yang khas dari golden, yaitu krem cerah. Selain itu, anjing ramah asli dari Negeri Ratu Elizabeth ini dapat hidup hingga 12-13 tahun, bahkan bisa lebih apabila dirawat dengan baik dan hati-hati.

Jika Anda tertarik atau sedang memelihara Golden Retriever, Anda harus rajin-rajin membawanya jalan-jalan. Sifat dinamis energik yang dimilikinya membuat golden ingin selalu beraktivitas, Anda harus mengajaknya exercise minimal 2 jam sehari untuk membakar energy golden, jika ia jarang beraktivitas, golden akan stress dan cenderung hiperaktif di rumah.

Memilih Mainan untuk Golden Retriever

Dalam hal kepatuhan, Golder Retriever juaranya. Anda tidak perlu bersusah payah melatihnya untuk dapat komunikatif dengan Anda, karena memang anjing ini ramah, ceria, dan memiliki kemampuan bersosialisasi antar spesies yang luar biasa. Tidak masalah, Anda mau memeliharanya sejak puppy atau setelah dewasa, ia akan selalu nampak sweet, bahagia bermain bersama Anda.

Satu hal yang harus Anda perhatikan jika baru atau akan menjadikan Golden sebagai sahabat di rumah, yaitu kebiasaannya menggigit gigit barang-barang ketika bermain sendiri. Di pet shop banyak disediakan mainan-mainan untuk anjing, biasanya terbuat plastic atau karet yang aman untuk digigiti hewan peliharaan, namun Anda harus jeli dalam memilih mainan-mainan tersebut. Sesuaikan besar mainan golden dengan besar mulutnya, karena jika mainan tersebut jauh lebih kecil dari mulutnya, bisa jadi akan tertelan, hal ini lah yang sangat berbahaya untuk anjing. (Baca: Waspadai GDV pada Anjing)

Mainan atau benda asing non makanan yang tertelan akan masuk ke rongga pencernaan dan menyumbat saluran pencernaan, bisa di lambung atau di bagian usus, disebut juga sebagai corpora aliena. Akibatnya, saluran pencernaan akan terganggu, makanan tidak dapat mengalir dengan baik, metabolisme terhambat, dan Golden kesayangan Anda akan semakin lemas, kelaparan.

Anjing yang memiliki corpora aliena dalam saluran pencernaan, biasanya secara otomatis akan menunjukkan gejala muntah, atau ingin muntah sebagai respon biologis alami tubuhnya untuk menolak benda asing tersebut. Jika letak sumbatan belum terlalu dalam, masih disekitar tenggorokan, pengambilan secara manual masih berpotensi besar untuk dilakukan, namun jika sudah mencapai lambung atau usus, tidakan bedah adalah solusi yang paling efektif.

Benda asing yang tertelan akan menjadi lebih berbahaya jika memiliki sisi atau bagian yang tajam, karena sisi tersebut dapat menyobek saluran pencernaan anjing, jika hal demikian terjadi, tingkat kesembuhannya akan semakin menurun, karena terjadi pendarahan di dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebagai owner kita harus bijak dalam memilih mainan untuk anjing-anjing peliharaan kita, khususnya untuk si Goldy. Lepas dari kehebohan dia saat bermain, Golden akan selalu dapat menyentuh hati Anda dengan keistimewaan pribadinya. Salam manis untuk semua Anjing di dunia, dan salam hangat untuk semua Owner yang diberkahi cinta kasih terhadap hewan-hewan ciptaanNya.

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.