PecintaSatwa.com – Desember 2015. Laura Jacques (29 thn) dan Richard Remde (43thn), sepasang kekasih dari West Yorksire sedang merayakan kebahagian mereka di pengunjung tahun 2015 ini. pasalnya pada tanggal 26 Desember 2015 tepat pada Boxing day anak anjing yang mereka idam-idamkan lahir, klon dari anjing boxer mereka yang tutup usia beberapa bulan yang lalu, Dylan.

Dylan semasa hidup

Dylan semasa hidup

100.000 USD atau setara dengan £67.000 telah mereka keluarkan demi mendapatkan klon Dylan. Mereka mengirimkan sampel tubuh Dylan pada Soaam Biotech Research Fondation, sebuah laboratorium di Korea Selatan yang melayani cloning hewan secara komersial, sebagaimana yang dilasir pada www.theguardian.com. Hebatnya, jaringan tubuh yang digunakan dalam proses ini diambil sekitar 12 hari setelah Dylan tutup usia, dimana biasanya jaringan tersebut harusnya diisolasi kurang dari 1 minggu.

Jacques telah memelihara dan mengasuh Dylan sejak ia puppy. Bagi Jacques, Dylan adalah anak kesayangan, kehidupannya. Perginya Dylan menjadi pukulan berat baginya. Dylan dinyatakan menderita tumor otak pada tanggal 11 juni 2015, 19 hari kemudian Dylan pergi untuk selamanya karena gangguan kinerja jantungnya akibat penyakit yang dideritanya. Tanggal 2 Juli Dylan disimpan beku, sebelum dikremasi. Selang 2 hari Remde terbang ke Korea Selatan untuk menyerahkan sample Dylan yang akan di klon, tapi sayangnya sampel tersebut masih belum memenuhi syarat.

11 Juli 2015, Remde kembali ke Korea Selatan untuk mengantarkan sampel Dylan yang kedua, sampel ini dinyatakan dapat tumbuh dan diproses. Setelah itu, peneliti di Korea Selatan menyatakan telah didapatkan kebuntingan menggunakan embrio berinti sel 100% DNA Dylan. Hingga pada tanggal 26 Desember lahirlah “salinan” Dylan. Jacques mengatakan, bahwa anjing boxer kecilnya ini sangat mirip sekali dengan Dylan ketika kecil, bahkan corak warna ditubuhnya sama persis tempatnya dengan yang dimiliki Dylan. (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.