#IndonesiaBerkah

Indonesia Berpendidikan Kesejahteraan Hewan

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah keragaman satwa di dunia. Ada beberapa satwa yang merupakan endemik (Asli) Indonesia diantaranya adalah harimau sumatera, orang utan, burung cenderawasih, burung jalak bali serta masih ada banyak lagi yang menghiasi keindahan fauna Indonesia. Selain satwa liar, Indonesia juga dianugerahi hewan-hewan ternak yang mampu dikembangkan untuk kesejahteraan bangsa diantaranya adalah sapi madura, sapi bali dan sapi aceh.

IMG_7754Ada keprihatinan yang mendalam saat mendengar berita jikalau diantara satwa endemik Indonesia banyak kini yang sudah hampir punah seperti harimau sumatera. Selain itu, adanya kejahatan serta upaya pembunuhan beberapa orang utan dengan alasan ganguan orang utan sebagai hama perkebunan kelapa sawit. Fenomena hampir sama juga pernah kita dengar tentang kejahatan terhadap sapi-sapi yang akan disembelih di rumah potong hewan. Mengapa ini terjadi di bangsa kita Indonesia ?

Sebagai bangsa timur kita dikenal sebagai bangsa yang ramah, tetapi mengapa kita tak mampu ramah terhadap hewan yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Bukankah mereka juga adalah makhluk yang punya hak untuk hidup bebas sesuai dengan kebebasan yang diinginkan manusia. Hewan juga punya hak untuk bebas mendapatkan hak hidup serta berekspresi sesuai dengan tingkah lakunya seperti manusia menuntut hak asasi manusianya.

Menelisik kalimat yang diungkapkan oleh pejuang moralitas Mahatma Gandhi.

“ Bangsa yang besar dapat dilihat bagaimana rakyatnya memperlakuan hewan”

Sudahkah kita menjadi bangsa yang besar ?. Oleh karenya, jika kita ingin menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar. Kita seharusnya belajar memahami perilaku hewan di sekitar kita untuk memberikan hak hidup kepada mereka sesuai yang dimanahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

IMG_8839Kesejahteraan hewan adalah sebuah pengetahuan tentang bagaimana kita meperlakukan hewan sesuai dengan amanah Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan adalah sebuah kerangka aksi holistik yang mampu dijadikan alat untuk membentuk karakter manusia. Sehingga, pendidikan kesejahteraan hewan mampu dijadikan sebagai sarana dalam membentuk karakter manusia

Indonesia yang mampu memperlakukan hewan sebagaimana semestinya, penuh kasih sayang dan tidak lagi ada kejahatan terhadap hewan dari tangan-tangan jahil manusia.