Penyebab Kejang Anjing dan Kucing

kejang pada anjing

kejang pada anjing

Kejang atau konvulsi merupakan gerakan otot mendadak dan serentak yang tidak bisa dikendalikan oleh tubuh. Hal ini disebabkan oleh letusan aktivitas listrik pada sistim syaraf secara mendadak yang tidak bisa dikendalikan atau biasa disebut seizure. Seizure pada anjing dan kucing merupakan gejala klinis dari suatu penyakit seperti gangguan syaraf, trauma otak, kerusakan hati, dan kekurangan gula dalam darah.

Seizure diawali dengan kehilangan kesadaran dari hewan, kemudian terjadi kekakuan otot, lalu dilanjutkan kontraksi otot yang tidak dapat dikendalikan. Sebelum terjadi seizure, akan tampak perubahan sikap secara cepat atau biasa disebut pre-ictal behaviour, seperti mondar-mandir, berputar, mengeong (kucing), menggongong (anjing) dan muntah. Setelah terjadi seizure (post-ictal), anjing atau kucing anda akan tampak disorientasi/linglung diikuti kelemahan pada kaki, muntah atau perubahan lainnya menuju kesadaran. Perubahan ini akan berjalan dengan cepat namun butuh beberapa hari untuk kembali normal pada kasus-kasus tertentu

Baca juga: Vector Borne Disease dan Zoonosi pada Hewan Kesayangan

Banyak sekali penyebab terjadi kejang pada hewan kesayangan anda, seperti kagar gula rendah dalam darah, penyakit pada hati, sumbatan pada sirkulasi darah, infeksi virus, kekurangan kalsium pada otak, tumor otak dan gangguan sistim syaraf yang lain. Pada anjing berumur 8 tahun epilepsy merupakan penyebab utama terjadinya seizure meskipun penyebab utama dari penyakit tersebut biasa disebut idopatic epylepsi.

Pertolongan saat Kejang pada Hewan

Kebanyakan seizure berjalan beberapa menit atau lebih kemudian mereda. Jika anda melihat hal demikian, sesegera mungkin bawalah hewan anda kepada dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat terjadi seizure pada hewan anda

  1. Tetap tenang
  2. Perlu diingat bahwa hewan anda tidak sadar dan tidak bisa mengkonrol gerakan pada tubuhnya termasuk mengkatupkan rahangnya. Hati-hati untuk tidak tergigit agar terhindar dari resiko rabies maupun cat scratch disease.
  3. Jika memungkinkan pindahkan hewan anda pada tempat yang aman, jauh dari tangga, balkon, dan furniture Terkadang hewan anda yang lain akan tampak marah dan penasaran apabila melihat salah satu temannya. Jadi jauhkan ia dari hewan lain bila memungkinkan.
  4. Saat gejala tersebut mereda, hewan anda akan disorientasi dan mungkin tidak mengenali anda. Kondisi tersebut bisa berakibat hewan akan menyerang anda. Tetap waspada menanganinya
  5. Apabila seizure tidak berhenti atau memiliki interval yang lama, bawa hewan anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan secepatnya
  6. Hitung lamanya seizure serta intervalnya untuk memudahkan dokter hewan mendioagnosa penyakit yang diderita hewan anda.
pemeriksaan kesehatan rutin

pemeriksaan kesehatan rutin

Pengobatan pada Kejang Hewan

Umumnya dokter akan memberikan obat penenang sebagai pertolongan pertama dan melakukan beberapa tes seperti tes darah, X-ray, maupun Ct-scan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya seizure. Pengobatan dan pencegahan dilakukan tergantung pada lama dan frekuensi dari seizure serta penyebabnya.

Simak juga: 5 Tanda Cacingan pada Hewan

Pada kasus hypoglycemia (kadar gula dalam darah rendah) dokter akan memberikan terapi cairan untuk mengembalikan kondisi normal darah, serta menyarankan untuk menambah porsi makan hewan anda.  Sedangkan pada kasus idiopatic epylepsi, akan diberikan beberapa obat penenang dengan penggunaan yang sudah disarankan oleh dokter.

Seizure dapat dicegah dengan mengawasi aktifitas dari hewan, agar tidak bergerak terlalu berlebihan yang bisa menimbulkan cedera pada sistim syaraf dan menjaga asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Baca pula: Waspada Flu pada Anjing Kesayangan

Karena anjing dan kucing adalah bagian dari keluarga kita yang sangat kita cintai, ada baiknya anda memantau kondisi kesehatannya secara rutin. Biasakan teratur untuk melakukan vaksin dan pemeriksaan gejala cacingan, selalu sedia nomor telepon dokter hewan terdekat yang dapat anda hubungi sewaktu-waktu dan cepat diakses apabila keadaan darurat terjadi, dan berikan ia makanan yang bernutrisi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk yang tersayang harus tetap waspada dan hati-hati ya.

 

Tri Bhawono Dadi, drh., M.Vet.