Tips Merawat Pedet Sapi Pedaging

PecintaSatwa.com – Menyambung artikel sebelumnya Merawat Pedet Sapi Pedaging (Part 1) . Memasuki usia delapan minggu atau 2 bulan, pedet sudah mulai banyak mengkonsumsi konsentrat dan hijauan. Pakan tambahan ini sudah menjadi salah satu pakan utama selain susu induknya. Pada industri peternakan yang telah memproduksi pakan konsentrat khusus pedet, dengan formula yang mencukupi kebutuhan pedet, pedet usia 2 bulan sudah dapat disapih dari induknya dan dipanen.

Teknik penyapihan Pedet Pedaging dilakukan dengan tahapan dibawah ini:

  • Dalam satu kandang usahakan terdapat beberapa pasang induk-pedet dengan umur yang mendekati seragam (idealnya 5-8 pasang / kandang)
  • Ambil satu induk setiap dua hari sekali, pindahkan ke kandang yang cukup jauh sehingga pedet tidak dapat melihat induknya. Pedet akan memanggil-manggil induknya selama satu hari, kemudian ia akan menyusu ke induk lain sambil mengkonsumsi hijauan dan konsentrat yang tersedia. Stress pedet tidak akan berlangsung lama, karena ia masih bisa menyusu ke induk lain dan terus bermain bersama teman-temannya. Lakukan tahapan ini hingga semua pedet tersapih.
  • Pedet siap dipanen, sebelum pedet didistribusikan sebaiknya pedet diberi vitamin anti stress dan penambah nafsu makan untuk menjaga stabilitas tubuhnya selama dalam perjalanan.

Penyapihan pedet pada usia 2 bulan yang dilakukan industri pembibitan dan penggemukan sapi potong terbukti masih dapat menghasilkan pedet berkualitas dengan rata-rata pertambahan bobot badan (average daily gain / ADG) lebih dari 1 kg / hari / ekor. Tanpa menemui kendala yang berarti. Akan tetapi, setelah diteliti lebih lanjut, semakin lama pedet menyusu dan diasuh induknya, semakin baik performa tumbuh kembang yang dihasilkan.

Saat disapih, pedet akan mengalami masa adaptasi yang berat, dari pakan susu sebagai pakan pokok ke pakan hijauan dan konsentrat. Pada masa-masa ini biasanya berat badan pedet akan turun drastis dan kembali naik stabil setelah 2-4 minggu kemudian. Namun pada pedet yang disapih pada umur 4 bulan, masa adaptasi peralihan pakan pedet terjadi tidak terlalu lama, penurunan bobot badan pun tidak drastis, performa tubuh pedet terlihat lebih besar dan kuat dengan tumbuh kembang yang progresif. (Pelajari juga: Amankah Daging Sapi Fasciolasis)

Program Penyapihan Pedet Sapi Pedaging

Efektifitas dan efisiensi penyapihan pada usia 2 atau 4 bulan sangat beragam, tergantung dari skala industri dan peruntukan industri tersebut. Apabila pada peternakan rakyat, penyapihan 4 bulan lebih banyak dilakukan untuk mencegah terjadinya shock yang berlebihan pada pedet yang menyebabkan pedet stress dan sakit. Sedangkan pada peternakan skala sedang hingga besar, penyapihan usia 2 bulan lebih banyak dipilih karena pedet dapat segera dijual dengan harga yang tinggi, dan induknya dapat segera di IB kembali untuk menghasilkan kebuntingan selanjutnya.

Program sapih pedet usia 2 bulan lebih diminati perusahaan peternakan, dengan sistem pembibitan 1 pedet pertahun, dimana dibagi menjadi 9 bulan untuk kebuntingan, 2 bulan untuk pengasuhan pedet sekaligus persiapan rahim kembali, dan 1-1,5 bulan untuk proses IB. apabila disetiap tahapan tidak ditemui kendala yang signifikan, didukung dengan keadaan indukan yang sehat dan manajemen pemeliharaan yang baik, program satu pedet per tahun tidak mustahil dicapai oleh perusahan pembibitan. Berhasilnya program ini merupakan “panen raya” bagi perusahaan, karena cash flow dapat lebih cepat berputar dengan angka yang cukup besar. (Pelajari pula: Waspada Cacing Hati pada Sapi)

Peliharalah sapi-sapi anda dengan kasih sayang dan animal welfare, penuhilah kebutuhannya dan berilah fasilitas yang layak, karena pedet yang baik akan dihasilkan oleh indukan yang bahagia. Selamat beternak! (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.