Membangun Ikatan dengan Iguana

PecintaSatwa.com – Setelah membahas cara merawat dan memelihara Iguana pada Bagian 1. Kini Anda dapat mulai membangun chemistry atau pendekatan dengan Iguana peliharaan Anda. Iguana yang baru sampai di rumah membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jangan dekati atau memegang iguana yang baru sampai, tinggalkan selama beberapa minggu sampai mereka merasa terbiasa dengan lingkungan barunya. Satu-satunya kontak yang bisa Anda lakukan adalah ketika memberi mereka makan, mengganti air minum, atau membersihkan terariumnya yang kotor. (Anda perlu tau: Stomatitis – Sariawan pada Reptil)

Iguana memerlukan waktu untuk terbiasa dengan tangan manusia. Jangan langsung menggenggam iguana secara paksa, lakukan secara perlahan-lahan agar mereka tidak merasa terancam. Awali kontak dengan mengelus-elus badan iguana secara lembut selama beberapa hari, kemudian coba angkat iguana dengan genggaman yang lembut dengan hati-hati. Iguana memiliki gigi dan cakar tajam yang digunakan ketika mereka merasa terancam, jadi berhati-hatilah saat Anda berusaha membuat ikatan dengan si iguana tersebuti. Ketika sudah terbiasa, Anda dapat membawa si godzila mini ini ke mana-mana. Tidak semua iguana bersifat sama, karena mereka memiliki karakter masing-masing. Ada iguana yang anteng dan tidak banyak bergerak, ada juga iguana yang agresif atau sering takut dengan manusia. Kenalilah karakter iguana Anda masing-masing, sehingga si iguana lebih asyik diajak bermain dan tidak mudah stress.

Cara Membersihkan Iguana

Memandikan iguana

Memandikan iguana

Iguana harus dimandikan paling tidak 2 atau 3 kali seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan badan iguana agar terbebas dari berbagai macam penyakit. Pada umumnya, iguana merupakan satwa akuatik yang suka berenang, sehingga waktu mandi bisa menjadi saat-saat yang menyenangkan bagi mereka. Namun, hal ini kembali lagi pada karakter masing-masing iguana yang Anda pelihara, karena ada iguana yang suka bermain air, dan ada juga yang langsung panik begitu menyentuh air. Untuk memandikan iguana, cukup rendam mereka di dalam air di dalam bak yang agak tinggi. Air yang digunakan tidak boleh terlalu dingin, tapi juga tidak boleh terlalu panas. Untuk awalan, rendam iguana Anda di air yang tidak terlalu dalam, paling tidak hingga setinggi setengah tubuh iguana tersebut. Bila mereka terlihat menikmatinya (tidak panik), Anda bisa menambah sedikit air sampai mereka bisa berenang dengan bebas. Berikan tempat dangkal di dalam bak agar iguana bisa beristirahat ketika kelelahan setelah berenang.

Makanan dan Minuman Iguana

Iguana merupakan hewan herbivora dan hanya memakan sayur-sayuran serta sedikit buah-buahan. Anda bisa memberi makan berbagai macam sayuran seperti bayam, sawi, bit, wortel, kacang panjang, dan lain-lain, serta sedikit selingan buah seperti apel, pir dan jeruk. Jangan pernah memberikan makanan tinggi protein seperti serangga atau makanan kucing/anjing ke iguana, hal ini bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal yang mematikan. Anda juga tidak boleh terlalu sering memberikan buah-buahan manis, cukup berikan sebagai selingan/makanan ringan setiap beberapa hari sekali. (Baca pula: Lengkapi Peralatan Sebelum Memelihara Sugar Glider)

Sebagian orang menganggap iguana tidak perlu diberi minum, karena mereka mendapatkan cairan dari makanannya. Hal ini sebenarnya salah, karena iguana juga memerlukan air minum yang selalu tersedia di dalam kandang. Bersihkan tempat minumnya paling tidak seminggu sekali, karena iguana suka buang kotoran di dalam air. Nah begitulah sedikit cerita tentang cara memelihara iguana yang baik. Semoga Anda dapat merawat iguana dengan benar sehingga si godzila mini bisa tumbuh besar hingga berpuluh-puluh tahun mendatang!  

Panji Gusti Akbar