Cara Memelihara Iguana

PecintaSatwa.com – Kalau kemarin kita sudah membahas soal jenis-jenis iguana di dunia, sekarang saatnya kita berbicara soal cara merawat iguana yang tepat. Ya, sebagai satwa yang tergolong anteng dan mudah jinak, iguana menjadi satwa peliharaan yang sering digandrungi orang yang belum terlalu mengenal reptil. Mereka tidak terlalu agresif seperti biawak, tidak penakut seperti kura-kura, dan bentuknya pun lebih lucu bila dibandingkan ular atau reptil-reptil sangar lain. Bahkan, mungkin iguana adalah satu-satunya reptil yang senang digendong dan dimanja layaknya kucing, membuatnya semakin asyik untuk dipelihara. ( Baca: Berbagai Jenis Morph Iguana di Dunia)

Nah, seperti reptil lain, memelihara iguana membutuhkan komitmen yang kuat. Perlu diingat bahwa iguana merupakan reptil yang dapat hidup selama puluhan tahun, sehingga memerlukan komitmen jangka panjang dari pemiliknya untuk merawatnya seumur hidup. Iguana hijau juga dapat tumbuh sangat besar, mencapai panjang 1,5 meter dan berat 8 kg, dan terkadang bisa bersifat agresif bila tidak dirawat dengan baik.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum memelihara iguana ada baiknya Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini terlebih dahulu:

1.Apakah Anda mau berkomitmen untuk merawat iguana selama puluhan tahun masa hidupnya?

  1. Apakah Anda akan bosan setelah memeliharanya selama beberapa tahun?
  2. Apakah Anda memiliki dana, waktu dan ruang yang cukup untuk merawat iguana sampai besar nanti?
  3. Apakah keluarga Anda setuju untuk ikut menjaga dan memlihara iguana tersebut?
  4. Apakah Anda siap untuk merawat iguana tersebut dengan segala resiko yang dimiliki?

Kalau Anda bisa menjawab ‘ya’ untuk seluruh pertanyaan tersebut, itu berarti Anda sudah benar-benar siap untuk memelihara si ‘godzila’ mini ini!

Memilih Iguana untuk Dipelihara

Green iguana

Green iguana

Sekarang, saatnya berbicara soal cara memilih iguana yang tepat untuk dipelihara. Anda harus menentukan ukuran dan jenis kelamin iguana yang akan Anda rawat selama beberapa tahun ke depan. Iguana ukuran bayi lebih sering dipilih karena harganya murah, mudah dijinakan, dan tidak terlalu memakan tempat. Iguana jantan cenderung lebih agresif, namun penampilannya jauh lebih menarik dibandingkan iguana betina saat dewasa. Keagresifannya ini bisa dikurangi jika Anda mampu merawat dan menjinakannya dengan benar. Ketika memilih iguana, perhatikan kelengkapan anggota tubuh mereka. Iguana yang baik tidak boleh cacat, bertubuh proporsional (tidak kurus), aktif bergerak ketika dipegang, dan memiliki nafsu makan yang besar. Perhatikan adanya tanda-tanda kerusakan di sisik iguana, khususnya bila si penjual menempatkan lebih dari satu ekor iguana di dalam kandang yang sama.

Menyiapkan Habitat Iguana

Iguana ukuran bayi bisa dipelihara di dalam terrarium, seperti hanya reptil lain. Anda bisa menggunakan terarium mika berukuran besar yang banyak dijual di toko-toko, sementara akuarium kaca tidak direkomendasikan karena mudah rusak. Gunakan substrat berupa karpet reptil atau kertas koran, dan jangan gunakan substrat pasir atau serbuk gergaji yang dapat tertelan dan menimbulkan penyakit yang serius. Letakan tempat makan dan minum yang mudah digapai, cuci wadah tersebut paling tidak seminggu sekali. Iguana adalah satwa arboreal yang suka memanjat, jadi pastikan terdapat beberapa ranting di dalam terariumnya. ( Simak juga: Leopard Gecko – Tokek yang Menggemaskan)

Seperti halnya reptil lain, iguana juga perlu tempat untuk berjemur. Untuknya kita hidup di negara tropis, sehingga penghangat tidak terlalu diperlukan selama Anda meletakan terarium di tempat yang terkena cahaya matahari, seperti di pinggir jendela. Bila Anda tidak memiliki sudut ruangan yang terkena cahaya matahari langsung, Anda bisa menggunakan lampu reptil yang sering dijual di toko hewan. Anda juga bisa menjemur iguana di bawah sinar matahari selama 1-2 jam setiap pagi di dalam terarium tertutup, sehingga iguana tidak akan kabur.

Perlu diingat bahwa iguana bisa tumbuh dengan cepat. Hanya dalam beberapa bulan, ukuran iguana bisa bertambah beberapa kali lipat sehingga tidak cocok lagi ditempatkan di kandangnya yang lama. Anda bisa menggunakan terarium baru yang lebih besar, atau membangun kandang outdoor dari kawat yang aman. Bila iguana Anda sudah cukup jinak, Anda juga bisa membiarkannya berkeliaran bebas tanpa kandang di suatu ruangan, namun hal ini tidak direkomendasikan untuk hobiis pemula.

Selanjutnya: Merawat dan Memelihara “Godzila Mini” di Rumah (part 2) >>>

Panji Gusti Akbar