Anjing Rottweiler

PecintaSatwa.com – Pasti banyak diantara Anda yang agak seram melihat anjing jenis Rotweiler, warnanya yang gelap dengan tampang galak membuat kebanyakan orang menghindarinya, atau bahkan lari terbirit-birit ketika di gonggongi di jalan, terlebih bagi para pembaca yang jarang berinteraksi dengan anjing.

Rottweiler memang tampak sangar sekaligus gagah. Karakternya yang kuat dan keangkuhan penampakannya membuatnya cocok dijadikan sebagai anjing penjaga, juga sebagai sahabat baik para pecinta satwa yang bersifat tegas pemberani. Namun jangan salah, dibalik wajah seram dan mengintimidasi yang dimilikinya, Rotweiler tetap  memiliki kelembutan jiwa anjing, sehingga dapat dijadikan hewan kesayangan yang patuh dan baik. (Simak juga: Yuk Ketahui Cara Mengawinkan Anjing)

Ciri Fisik Anjing Rotweiller

Ciri fisik rotweiller sangatlah khas, hampir keseluruhan tubuhnya berwarna hitam, kecuali daerah sekitar dada, area mulut, kaki bagian bawah dan dalamnya berwarna coklat keemasan. Telinganya kecil menekuk kebawah, berlidah merah mudan dan bulunya lembut. Rotweiller termasuk dalam kelompok anjing berukuran medium dengan tinggi berkisar 58-69 cm, dan berat normal sekitar 38-59 Kg, dan masa hidup rata-rata 10 hingga 11 tahun.

Di Jerman Selatan, anjing ras Rotweiller biasanya bertugas sebagai anjing penjaga ternak sapi, karena sifatnya yang bertanggung jawab pemberani, dan protektif, didukung dengan wajah garang, layaknya securiti perusahaan.

Kesan galak dan garang Rotweiller sebenarnya bukan suatu hal yang mutlak melekat pada Ras Rotweiller, dengan pelatihan yang tegas oleh owner yang berpengalaman, rotweiller dapat menjadi anjing yang baik hati, penyabar dan patuh, dengan catatan saat melatih owner harus selalu waspada dan berjaga, menghindarkan anjing tersebut dari hal-hal yang memicu agresifitasnya.

Latihan Anjing Rotweiller

Anjing asli Jerman ini, sangatlat energik dan kuat, karena itu dibutuhkan  latihan (daily exercise) dalam waktu yang cukup lama (lebih dari 2 jam) untuk membuatnya sehat, tidak strees. Sedangkan untuk latihan kebutuhan, dibutuhkan kesabaran, ketegasan, dan waktu lebih lama dari yang dibutuhkan jenis anjing ramah seperti Golden Retriever.

Dalam hal bersosialisasi dengan manusia dan hewan lain, rotweiller memiliki kemampuan cukup baik, ia responsive dan dapat bekerja sama dalam tim, akan tetapi sebagai owner anda harus selalu waspada dan berdisiplin tinggi dalam melatihnya.

Keunggulan Anjing Rotweiller

Rotweiller relatif pintar menjaga kebersihan tubuhnya, ia tidak terlalu sering membutuhkan grooming, mandikan rotweiller kesayangan anda seminggu atau dua minggu sekali, tergantung kebutuhannya. Terlalu sering memandikan juga tidak baik, karena dapat merusak kesahatan kulit dan rambutnya, membuatnya kering dan mudah rontok. Begitu pun dengan terlalu jarang memandikan juga kurang baik, ia akan merasa tidak nyaman dengan keringat dan aroma tubunya. ( Baca pula: Mengenal Anjing German Sherped)

Ketegasan, kekuatan dan kedisiplinan dalam melatih Rotweiller kesayangan anda, bukan berarti harus dengan tindakan keras tidak beradab, seperti memukul, melukai, atau berkata kasar. Didikan seperti itu mungkin membuatnya patuh kepada Anda, tapi ia akan memendam kebencian yang sangat berbahaya bagi anda dan orang-orang disekitar anda. Latihlah Rotweiller dengan ketegasan dan kasih sayang, terapkan kedisiplinan dengan imbalan hadiah, bukan hukuman yang menyiksa, dan selalu tepati janji anda jika ia dapat mematuhi anda sebagai masternya, karena semua hewan memiliki hak untuk sejahtera sesuai dengan jenis dan peran hidupnya. So.. perlakukanlah ia dengan baik hati, ia akan mengerti sebesar apa Anda menyanginya, dan ia akan melindungi Anda dengan hidupnya. (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.