Asal Si kucing besar Maine Coon

Kucing American Longhair Bagi anda para pecinta kucing, pasti juga menyukai ras kucing besar bernama Maine Coon. Berbeda dengan kucing-kucing besar di hutan, saudara semoyang kucing rumah, seperti macan dan singa, Maine Coon adalah salah satu ras kucing terdomestikasi (telah dijinakkan untuk dipelihara). Si raja kucing ini memang merupakan ras kucing peliharaan terbesar didunia.Tubuhnya yang gempal dan berotot, dengan kesan gagahnya takkan dapat menutupi sifat lembutnya yang bersahabat, karena itulah Maine Coon dicintai banyak penyayang hewan. Si kucing besar Maine Coon berasal dari benua Amerika, terdapat jenis medium hair dan long hair, namun lebih terkenal dengan sebutan American Longhair. Hingga saat ini asal muasal atau garis silsilah Maine Coon belum dapat diketahui dan masih terus diperdebatkan. Akan tetapi terdapat satu dugaan yang paling masuk akal dan banyak dipercayai bahwa si raja kucing merupakan hasil persilangan dari kucing domestic shorthair dan kucing ras jenis Norwegian Forest yang dibawa oleh para penjelajah Viking bernama Captain Charles Coon, sekitar abad ke 11. Selanjutnya Maine Coon mulai berkembang biak di daratan Amerika Utara. Sebagai salah satu breed tertua di Amerika, keberadaan Maine Coon jelas menjadi sorotan para cat lover didunia. Kucing ini mulai banyak disebut-sebut dalama jangcat show pada akhir abad ke-19, dan terus melebarkan popularitasnya di abad selanjutnya hingga ia tersebar keseluruh dunia. Bahkan di negeri kita tercinta, Maine Coon termasuk dalam jajaran kucing ras yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Karakter Kucing Maine Coon

Tubuh besar, panjang dan postur yang kokoh selalu identik dengan karakter fisik yang khas dari di kucing besar. Disamping itu terdapat ciri-ciri khusus yang dapat anda perhatikan untuk mengenali ras kucing Maine Coon, diantaranya:

  • Struktur tulang besar, berotot kuat, berbadan lebar dan panjang
  • Mata lebar, berbentuk oval
  • Hidung lebar, agak melengkung di bagian ujung
  • Ekor lebar dan panjang
  • Bulu (rambut.red) halus mengembang. Dengan variasi corak dan warna yang beraneka macam.
  • Memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, baik dan pemberani, sehingga juga dijuluki sebagai The Gentle Cat.
  • Kucing ini juga relatif mudah dilatih, sangat loyal dan setia pada keluarga, mandiri, suka bermain, dan ramai / suka bersuara.

Sebagai mana keluarga kucing lainnya, Maine Coon dapat bertahan hidup hingga belasan tahun dengan perawatan yang baik. Sang pejantan dewasa dapat mencapai berat tubuh 6.8kg – 11.3kg, sedangkan betinanya sekitar 4.5kg – 6.8kg.tinggi tubuhnya berkisar 25-41cm, sedangkan panjangnya ± 120cm. di masa pertumbuhan the gentle cat akan terus meninggi dan memanjang hingga umur 3-5 tahun, selanjutnya struktur pertulangannya akan stabil hingga tua.

Sifat Unggul Kucing Maine Coon

stewie - kucing terbesar di dunia

stewie – kucing terbesar

Selain kegagahan fisiknya yang menawan, Maine Coon memiliki sifat unik yang jarang dimiliki jenis kucing lainnya. Raja kucing pemberani ini, memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik disuhu ekstrim, dengan cara memodifikasi struktur rambutnya. Dalam cuaca dingin, rambutnya akan terus tumbuh tebal dan mengembang untuk menghangatkannya, dan sebaliknya pada musim panas Maine Coon menipiskan bulunya untuk mempermudah pengeluran panas dari dalam tubuhnya.Satu hal lagi yang menarik, diwarisi dari asal gennya (Norwegian Forest Cat), sibesar dapat mempertahankan suhu badan normalnya 39oC dalam keadaan basah, di musim hujan / berkabut sekalipun. Rekor dunia, The Guinness World Records pernah mencatat salah satu pure breed Maine Coon jantan sebagai kucing terpangjang di Dunia, dengan panjang 123cm diukur dari ujung hidung hingga ujung ekornya. Kucing ini bernama Stewie, berasal dari Reno – Nevada. Sayangnya, pada tahun 2013, Stewie dikabarkan tutup usia pada usia 8 tahun karena penyakit kanker yang diderita.

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.