Apa Saja Mainan untuk Anjing Kesayangan

Bagi para pecinta satwa yang memiliki anjing kesayangan dirumah, bermain bersama hewan peliharaan merupakan aktivitas rutin yang menyenangkan. Si anjing akan menagih jika kita lupa meluangkan waktu dengannya, ekspresi antusias sambil menggigit mainan sering ia tunjukkan jika mengajak kita bermain, jika di verbalkan, mungkin ia sedang girang berteriak.. “main yuuuk!!”

Fungsi mainan Anjing

Mainan anjing dapat menstimulasi mental dan intelegensi seekor anjing, selain sebagai media kunyah mengunyah yang menyenangkan untuknya. Mainan hampir selalu digunakan dalam proses training, sebagai media pemicu Anjing untuk berani berekpresi dan berinteraksi dengan pemiliknya. Proses pelatihan seperti ini lah yang paling ideal untuk anjing, yakni dengan memberinya stimulasi permainan dan keceriaan untuk membuatnya memahami komunikasi, dan meningkatkan kepekaan sosialnya, sesuai dengan prinsip animal welfare. (Yuk simak: Anjing Samoyed – Si Bola Bulu Putih)

Cara memilih mainan untuk anjing

Mainan untuk anjing berbeda dengan mainan untuk anak-anak. Beberapa jenis mainan anak-anak terdiri potongan-potongan kecil yang masih dapat tertelan oleh anjing jika ia memainkannya dengan dikunyah-kunyah. Potongan mainan, seperti plastik atau kayu yang bersisi tajam dapat merobek saluran pencernaan Anjing, bahkan hingga dapat menembus dan menusuk organ dalam lainya disekitar saluran pencernaan, akibatnya dapat terjadi internal bleeding yang memicu shock pada Anjing.

Mainan bersisi tumpul pun juga masih berbahaya jika tertelan, karena dapat menyumbat saluran pencernaan anjing Anda, jika hal ini terjadi makanan yang dikonsumsi si Anjing akan tertahan dibagian tertentu, dan otomatis tidak dapat tercerna dengan baik. Oleh karena itu, selalu damping anjing anda saat sedang memainkan sesuatu, dan hidarkan dari benda-benda yang berbahaya baginya.

Anjing yang tidak sengaja menelan mainan, atau benda asing lainnya yang menganggu saluran pencernaannya, biasanya akan menunjukkan gejala muntah-muntah (berusaha mengeluarkan sumbatan), terlihat lesu dan malas makan. Waspadai hal ini dan cepat tanggap terapi jika terjadi hal tersebut.

Macam-macam mainan Anjing

Mainan untuk anjing dikategorikan berdasarkan umum dan besar tubuh anjing, sebagaimana klasifikasi berikut:

  • Untuk Anak Anjing Muda.- Jenis mainan yang lembut cocok bagi tingkatan umur ini, dimana gigi nya belum tumbuh permanen. Anak anjing yang masih belia cenderung suka membuang atau menyembunyikan mainannya, jadi lebih baik anda tidak membelikannya mainan yang terlalu mahal. ( Simak: Ramahnya Si Bulu Emas – Golden Retriever)
  • Untuk Anak Anjing yang Lebih Besar – Anak anjing pada umur-umur ini sangat suka menggigit gigit mainannya dan benda apapun yang ia temukan untuk bermain. jenis mainan yang awet dan kuat sangat disarankan, seperti tali temali, dan boneka karet untuk gigit-gigit. Selalu perhatikan jenis dan besar anjing anda sebelum membeli mainan, dan sesuaikan dengan besar mainan yang tidak bisa ditelan olehnya.
  • Untuk Anjing Dewasa – Meski sudah dewasa, hampir semua anjing pasti menyukai permainan. Pilih lah jenis mainan yang lebih bertekstur, berbentuk menarik, dan kuat dengan gigitan anjing dewasa yang memiliki gigi permanen utuh, seperti boneka-boneka berbahan karet atau kain yang cukup kuat

Beberapa mainan memiliki rasa tertentu, membuat anjing kesayangan kita semakin semangat untuk memainkannya. Setelah ia memiliki beberapa mainan dan sering bermain, ia akan memiliki mainan kesayangan yang selalu ia jaga atau simpan, lucu bukan!

Jika anda sudah mengetahui jenis mainan atau permainan favoritnya, coba gunakan mainan atau permainan tersebut sebagai reward special untuknya ketika anda sedang melatihnya melakukan sesuatu atau berkomunikasi dengannya. (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.