Bagaimana Memelihara Sugar Glider

PecintaSatwa.com – Siapa sih yang tidak kenal sugar glider? Hewan terbang nan imut ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Meskipun bentuknya mirip bajing terbang, sugar glider sebenarnya sangat berbeda dengan bajing dan berbagai satwa pengerat lainnya. Sugar glider termasuk dalam golongan hewan berkantung alias marsupial, yang berkerabat dengan kangguru, koala, possum dan wombat. Habitatnya berasal dari benua Australia, yang memang merupakan gudang dari hewan-hewan marsupial yang masih tersisa di dunia. Salah satu ciri khasnya yang unik adalah adanya membran kulit lebar yang menempel di kaki depan dan kaki belakang sugar glider yang digunakan sebagai sayap untuk meluncur dari satu tempat ke tempat lain.

Sebagai satwa peliharaan, sugar glider dikenal sebagai hewan yang lembut, manja, senang bermain dan suka nempel dengan pemiliknya. Sifat-sifat ini membuat banyak orang jatuh cinta dan ingin memeliharanya di rumah. Sayangnya, beberapa orang yang terlanjur membeli hewan terbang ini ternyata tidak memiliki perlengkapan yang tepat untuk merawat sugar glider di rumah. Alih-alih mendapat hewan peliharaan lucu, si sugar glider malah stres dan jadi sulit untuk diajak bermain. ( Simak: Sterilisasi pada Hewan Kesayangan)

Perlengkapan Sugar Glider

Nah, bila Anda ingin memelihara sugar glider, beberapa perlengkapan di bawah ini harus Anda miliki agar si joey (sebutan untuk sugar glider muda) bisa betah di rumah. Perlengkapan sugar glider ini bisa dengan mudah Anda temui di toko-toko hewan atau di beberapa breeder yang ada di sekitar Anda. Mau tahu apa saja perlengkapan yang dibutuhkan? Simak di bawah ini ya!

  1. Kandang Sugar Glider

kandang sugar gliderSugar glider merupakan hewan yang aktif memanjat, melompat, dan berlarian kesana-kemari. Karena perilakunya ini, sugar glider memerlukan kandang yang cukup luas untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. Kandang sugar glider harus memiliki tinggi paling tidak 90 cm dan lebar 60 cm, sehingga cukup luas untuk beraktivitas dan menyimpan aksesorisnya yang lain. Kandang burung dan kandang hamster berukuran kecil jelas bukan pilihan yang tepat bagi si joey yang Anda pelihara.

  1. Hiding Box/Tempat Tidur Sugar Glider

Sebagai hewan nokturnal, sugar glider memerlukan tempat tidur yang gelap dan tersembunyi dari cahaya. Tempat tidur sugar glider ini banyak dijual di toko hewan, namun Anda juga bisa membuatnya sendiri dari batok kelapa, kardus, pot bunga atau kayu yang dilubangi, selama bahan-bahan tersebut tidak memiliki racun atau sudut tajam yang berbahaya bagi si sugar glider. Berikan beberapa kain lembut dari fleece atau katun sebagai alat penyaman untuk tidur. Anda juga bisa memberikan secarik potongan kain dari kaos bekas yang pernah Anda gunakan, hal ini bisa membuat sugar glider terbiasa dengan aroma tubuh Anda dan mempercepat proses bonding.

  1. Bedding Sugar Glider

Seperti hamster, sugar glider juga memerlukan bedding untuk menampung kotoran dan urin yang mereka hasilkan setiap hari. Ada banyak pilihan bedding sugar glider yang bisa Anda temukan di toko hewan, seperti serutan kayu dan batu kerikil. Anda juga bisa menggunakan kertas koran, namun bedding ini cepat kotor dan lembab sehingga harus sering diganti. Pastikan bedding yang Anda pilih tidak mengandung racun apapun yang berbahaya bagi si joey kecil.

  1. Tempat Makan Sugar Glider

Tempat makan sugar glider dapat berupa mangkuk sederhana yang biasa diberikan untuk hamster, namun sesuaikan ukurannya dengan porsi makan si joey. Letakan tempat makanan ini di bagian bawah kandang yang mudah diakses oleh sugar glider. Berikan makanan sesuai dengan porsinya dan jangan mengisinya lagi hingga waktu makan selanjutnya.

  1. Tempat Minum Sugar Glider

Sugar glider memang bisa minum dari tempat minum ala hamster, tapi alangkah baiknya jika Anda juga memberikan minum di wadah terbuka di bagian bawah kandang. Tempat minum ini lebih efektif bila Anda menggunakan substrat/bedding kerikil hamster, namun tidak disarankan untuk bedding serutan kayu karena cepat lembab. Pastikan tempat minum ini selalu terisi penuh setiap hari.

  1. Mainan Sugar Glider

Sugar glider merupakan hewan yang sangat aktif di malam hari, sehingga Anda harus menyediakan beberapa mainan untuk menemaninya. Tanpa mainan, sugar glider bisa malas bergerak dan mengalami kegemukan, atau bahkan depresi dan tidak mau makan. Anda bisa memberikan mainan sugar glider sederhana seperti roda hamster, beberapa batang kayu untuk memanjat dan melompat, serta mainan-mainan khusus yang biasa dijual di petshop. Khusus untuk batang kayu, jangan gunakan bahan kayu yang memiliki getah atau racun, karena bisa berbahaya bagi si joey kecil.

  1. Kantung Sugar Glider

kantung bonding sugar gliderSugar glider memerlukan kantung khusus yang bisa Anda gunakan jika ingin membawanya pergi atau mengajaknya bermain di suatu tempat. Kantung sugar glider ini juga penting digunakan dalam proses bonding, yaitu proses pembentukan ikatan antara si joey dengan pemilik barunya (penting dilakukan beberapa bulan pertama saat membawa si glider pulang ke rumah). Kantung ini biasa dijual di beberapa petshop atau breeder khusus yang juga menjual peralatan sugar glider. Ingat, kantung ini hanya berfungsi sebagai tempat sementara ketika bepergian, jadi jangan terlalu sering menaruhnya di dalam kantung tersebut.

  1. Camilan Sugar Glider

Berbagai macam camilan seperti madu, biskuit, dan buah-buahan manis harus Anda siapkan jika ingin bermain dengan si joey. Camilan sugar glider bisa mempererat ikatan antara joey dengan pemiliknya yang baru, serta membuatnya lebih aktif bermain-main dengan Anda. Jangan terlalu banyak memberi camilan tersebut karena bisa membuatnya kegemukan. (Baca pula: 5 Tanda Cacingan pada Hewan )

Naj begitulah sedikit cerita tentang peralatan sugar glider yang harus Anda memiliki sebelum membeli seekor joey. Tetap sayangi glider Anda dan selalu berkonsultasi dengan dokter hewan agar si joey bisa tumbuh sehat dan panjang umur. Selamat bermain dengan si joey di rumah!

 

Panji Gusti Akbar