Anjing Chihuahua

Sahabat Pecinta Satwa, jika anda menggemari anjing ras kecil, anda pasti tertarik dengan anjing kecil yang mendunia bersama penyayangnya yang cantik, kaya raya, dan banyak disorot media. Ya! Paris Hilton dan anjing Chihuahua nya. Anjing kecil nan elok ini sering terekam awak media berjalan bersama nona cantiknya, di berbagai acara di penjuru dunia. Berpose cantik, anggun dan mewah tak ingin kalah dengan sang nona, artis sekaligus pengusaha hotel dunia turun temurun.

paris hilton dan chihuahua

paris hilton dan chihuahua

Banyak ilmuwan yang menduga bahwa si kecil cetar ini berasal dari negeri tirai bambu, tapi memang secara resmi diklaim sebagai anjing asli meksiko. Diduga Chihuahua pertama kali medarat di daratan amerika pada tahun 1890an, relative baru bukan…?! Namun karakter dan wajahnya yang menggemaskan, menjadi ia segera melejit menjadi primadona bersama sang bintang Hollywood. (Simak: Gagahnya Anjing Rotweiller)

Chihuahua memang si kecil cabe rawit. Jangan heran jika tubuh kecilnya itu menyimpan hati yang besar, baik, pemberani disertai otak yang cerdas. Anjing terkecil didunia ini pun tergolong jenis anjing yang mudah dilatih, tidak bandel dan menyusahkan, dapat menjadi pilihan anda jika ingin mengadopsi anjing kesayangan dirumah.

Ciri Alami Anjing Chihuahua

Chihuahua secara alami memiliki kemampuan yang baik sebagai anjing pengawas, bersifat protektif, dan tidak ragu untuk berdiri didepan anda untuk menghadapai lawan yang lebih besar darinya, sungguh pemberani bukan..?, namun meski begitu, anjing Chihuahua tidak disarankan dipelihara jika anda memiliki bayi atau balita dirumah, kemungkinan karena sifatnya yang terkadang posesif dan kurang memiliki keahlian sebagai pengasuh yang baik.

Secara anatomi, Chihuahua dapat tumbuh setinggi 15-23cm, dengan berat 2-3kg. dari pengalaman para penyanyang Chihuahua, ia dapat hidup hingga lebih dari 12 tahun. Bentuk kepala khas Chihuahua menyerupai buah apple, dengan mata bulat yang lebar dan telinga segitiga seperti telinga kalelawar. Anjing kecil ini terbagi menjadi dua jenis, long hair dan shorthair dengan banyak variasi warna, sepeti coklat muda, coklat tua, kuning kemerahan, hitam dan coklat khaki yang menarik, kebanyakan setiap ekor hanya memiliki satu warna, jarang sekali dijumpai Chihuahua dengan warna kombinasi.

Jika anda tertarik mengadopsi Chihuahua, anda harus sering melakukan perawatan / grooming sekitar seminggu sekali, gunakan sampo anjing yang tepat, tidak terlalu basa yang bisa membuat kulit anjing kering, berkerak dan bulu rontok. Untuk kebutuhan exercise, si kecil tidak terlalu banyak membutuhkannya, cukup sekitar 1 jam sehari berjalan santai, sebagai sarana untuk merenggangkan otot-otot tubunya, sekaligus sebagai sarana bersosialisai untuknya, karena umumnya Chihuahua memang sangat mudah bersosialisasi dengan manusia dan anjing ras lain.

Waspadai Kesulitan Kelahiran Chihuahua.

Sebagaimana ras anjing kecil lainnya, Anjing Chihuahua sering mengalami kasus kesulitan melahirkan karena bentuk pinggul induknya yang kecil (distokia maternal), atau sering kali diperparah juga dengan ukuran puppies yang terlalu besar akibat ia dikawinkan dengan anjing ras lain yang berukuran lebih besar darinya (crossbreed), akibatnya kesulitan kelahiran ini semakin berganda (distokia fetalis).

Apabila anda memelihara sepasang atau Chihuahua betina dirumah, disarankan agar memperhatikan siklus reproduksinya. Apabila anda memang berniat mengawinkannya, anda harus memastikan bahwa pasangannya satu ras dengan anjing anda, selain itu catat pula tanggal kawinnya. Satu bulan kemudian, anda sebaiknya memeriksakan anjing anda ke Rumah Sakit Hewan (RSH) untuk mengetahui status kebuntingannya, dan letak janinnya menggunakan alat Ultrasonography (USG). Jika positif bunting, anda akan dapat mengetahui perkiraan usia kebuntingannya berdasarkan diameter kepala janin yang terlihat di layar USG, sehingga anda dapat memperkirakan rentang tanggal kelahirannya.

Kebuntingan Chihuahua

Kebuntingan anjing berkisar 64-68 hari, pada hari ke 62-63 anda dapat membawa kembali anjing kesayangan anda ke Rumah Sakit Hewan untuk mendapatkan perawatan intensif pra kelahiran. Jika keadaannya normal, dan besar janin tidak berlebihan, Chihuahua dapat melahirkan normal dengan bantuan dokter hewan ahli, karena memang prosesnya relative sulit, jika ditengah-tengah prosesnya terjadi gangguan seperti induk terlalu lelah, tidak kuat merejan, atau anak tersangkut, dokter hewan akan segera melakukan tindakan bedah Caesar saat itu juga.

Berbeda hal nya jika pada awal pemeriksaan telah terpantau keadaan Chihuahua yang tidak memungkinkan melahirkan normal karena keadaan induk atau janinnya, maka operasi Caesar akan segera dijadwalkan oleh dokter hewan ketika sudah masuk hari perkiraan lahir, dan kondisi kesehatan induk telah dipersiapkan sebelumnya.

Banyak kasus yang memperihatinkan, ketika owner kurang memperhatikan keadaan anjingnya, membiarkan ia melahirkan sendiri, dan baru membawa anjingnya ke RSH, setelah keadaannya lemas, atau janin telah separuh keluar, hal ini tentu sangatlah membahayakan bagi induk dan puppies, karena induk yang kelelahan, perjuangan hidupnya akan lebih berat. Begitu juga dengan puppiesnya, setiap rejanan akan menekan pernafasannya, apabila dibiarkan terlalu lama, kemungkinan untuk selamat juga semakin kecil.

Oleh karena itu, sebagai owner yang bijak kita harus memperhatikan  anjing kesayangan kita, tanggung jawab nyawa sebagai sesama makhluk hidup harus mendasari setiap tindakan yang kita lakukan. Terlebih anjing kesayangan sudah menjadi bagian dari keluarga yang selalu dirindukan (Rind).

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.