Masa Kebuntingan Anjing

PecintaSatwa.com – Setelah perkawinan dan terjadinya fertilisasi, anjing betina akan mengalami kebuntingan selama rata-rata 63±2hari. hari perkiraan lahir sulit ditentukan dengan akurat karena periode birahi / lups anjing yang cukup lama, kecuali jika dilakukan perkawinan terprogram disertai dengan catatan lengkap. Perbedaan jenis ras anjing juga mempengaruhi lamanya masa kebuntingan, paling cepat 57 hari dan paling lama 72 hari tergantung breednya.

Breed Durasi Kebuntingan (Hari)
Rata-Rata Kisaran
Boxer 63,5 56-71
Doberman 62,8 58-71
Great Dane 62,6 59-69
Fox terrier, wire-haired 62,6 55-72
Dachshund, smooth haired 62,5 55-71
Scottish Collie 62,4 56-72
Cocker spaniel 62,4 56-69
German short-haired pointer 62,3 57-71
German weird-haird pointer 62,2 56-71
Jack russel (ratter) 62,1 55-70
Alsatian 62,1 54-72
Poodle, medium size 61,8 54-68
Poodle, miniature 61,6 57-69
Poodle, large 61,5 54-70
Pekinese 61,4 54-72

By: Smiith FO, 1984

Selama kebuntingan, tubuh induk akan mengalami beberapa perubahan signifikan yang dapat diamati oleh owner, yaitu: bertambahan berat badan sekitar 22-55% karena perkembangan kandungan dan janin didalamnya, ambing induk akan membesar pada paruh kedua masa kebuntingan, dan pembesaran bagian perut induk hingga akhir kebuntingan, juga akan teraba adanya janin dan gerakan didalamnya. (Simak pula: Mengapa Pyometra terjadi pada Hewan Kesayangan Anda)

Pemeriksaan Kebuntingan Anjing

gambaran x-ray radiologi anjing bunting

gambaran x-ray radiologi anjing bunting

Pemeriksaan kebunting pada anjing dapat dilakukan 25-30 hari setelah perkawinan dengan menggunakan ultrasonography (USG) yang sudah umum dimiliki rumah sakit hewan dan klinik hewan disekitar Anda. USG akan mendeteksi adanya fetus dalam kandungan termasuk dengan keadaan organnya secara umum, seperti detak jantung dan gerakan fetus, jumlah fetus yang dikandung sulit diitentukan dengan menggunakan USG, akan tetapi umur kebuntingan dapat diprediksi cukup akurat, mengacu pada diameter kepala fetus, sehingga dapat ditentukan tanggal kisaran lahirnya. Sedangkan untuk menentukan jumlah fetus yang dikandung dapat dilakukan pemeriksaan menggunakan x-ray di sepertigaterakhir masa kebuntingan. Sebelum melakukan pemeriksaan tersebut sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk menentukan status kesehatan anjing kesayangan anda.

Tanda-Tanda Kelahiran

Menjelang kelahiran, anjing betina akan menunjukkan perubahan tingkah laku yang dapat anda amati sebagai indikator untuk melakukan persiapan kelahiran, perubahan tingkah laku tersebut meliputi:

  • Anjing terlihat mulai membuat sarang dengan mengumpukan kertas-kertas, kain, dan barang-barang lain disekitarnya
  • Aktifitasnya tidak terlalu lincah, lebih banyak istirahat
  • Beberapa anjing tampak memutari kaki meja atau atau kursi hingga kelelahan dan mengubah posisi
  • Cenderung mencari tempat yang sepi, gelap dan tenang
  • Bagian alat kelaminnya terlihat bengkak dan keluar lendir lengket.

Apabila anda melihat gejala-gejala tersebut segera tempatkan anjing anda dalam box melahirkan atau pada tempat yang telah anda persiapkan, sebaiknya berupa handuk atau tumpukkan kain yang empuk dan hangat, sehingga ia merasa nyaman, jauhkan dari keramaian, dan hindarkan ia dari orang-orang yang tidak dikenalnya. Terus temani anjing anda saat melahirkan dan waspadalah jika terjadi gangguan. Apabila anda tidak berpengalaman melihat anjing melahirkan, atau khawatir dengan keadaannya, Anda lebih baik mengantarkan anjing Anda ke klinik hewan terdekat. (Baca juga: Terapi Anti Kutu, Pentingkah??)

Secara normal, anjing akan menjilati anak-anaknya setelah dilahirkan, kemudian ia akan menjilati dirinya sendiri dan kembali merawat anaknya, hubungan tali pusar dan plasenta akan diputus dengan gigitan induknya. (Rind)  

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.