Apa saja sih Tanda Cinta Catty untuk Owner

PecintaSatwa.com – Banyak diantara para owners yang memelihara anjing dan kucing dalam satu rumah, mereka hidup berdampingan, saling menyayangi, bermain bersama dan bersosialisasi dengan baik. Akan tetapi lebih banyak orang yang memelihara salah satu dari kedua jenis hewan kesayangan tersebut, karena setiap hewan memiliki keistimewaan sendiri-sendiri yang disukai oleh owner, hingga banyak terbentuk di media social komunitas Catlovers dan Doglovers.

Bagi para Doglovers, anjing sudah menjadi bagian keluarga, mimik wajahnya yang ekspresif dan kelucuan tingkahnya selalu membuat hati masternya luluh. Terlebih anjing sangat komunikatif dengan manusia serta mudah dipahami, dia bisa diarahkan dan membantu mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga yang ringan, seperti mengambil koran setiap pagi, menjaga rumah, menemani balita, dsb. (Simak juga: Tips Merawat Kucing Bunting)

Bahasa dan Tanda Cinta Si Pus

Berbeda halnya dengan anjing, kucing lebih misterius, ekspresinya tak terduga, gigi runcing dan cakar dari 4 kaki nya siap menyerang, juga cenderung lebih acuh, inilah yang membuat para pecinta anjing kebingungan ketika pertama kali memelihara kucing (termasuk orang yang baru pertama kali memelihara hewan kesayangan). Wajah kucing yang tak bisa ditebak sering menimbulkan pertanyaan, “apakah sikucing mencintaiku? Menyukaiku? Menganggapku sebagai tuan kesayangannya? Atau tidak sama sekali?”. Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita mempelajari bahasa kucing (lebih tepatnya tingkah laku kucing), untuk mengatakan “I love you master”.

  1. Secara natural kucing memiliki kelenjar minyak dibawah rambutnya yang mengekskresikan sejenis minyak khusus. Ia akan mengoles-oles, atau menempelkan tubuh dan kepalanya pada kawasan yang dikenalnya sebagai teritori seperti rumah dan perabotan didalamnya. Ia juga akan mengelus eluskan kepalanya ke tangan, dan kaki Anda, ia sedang meng-klaim Anda sebagai miliknya, kesayangannya, jadi jangan menghindar jika si kucing mulai hobi menempel pada tangan atau kaki Anda, balas ia dengan sentuhan lembut, yang berarti “aku juga sayang kamu catty”.
  1. Kucing suka sekali duduk santai dan tidur di tempat-tempat yang hangat, lembut, empuk dan nyaman. Namun, pernahkan Anda melihat kucing kesayangan Anda duduk dekat-dekat dengan Anda bahkan minta dipangku, tidur di meja tempat Anda belajar, tidur di koran yang sedang anda baca, atau tidur di ranjang di sisi Anda. Ia melakukannya bukan karena kenyamanannya tapi itulah cara dia mengekspresikan cintanya kepada Anda. Apabila Anda merasa terganggu dengan tingkahnya, jangan dihardik, pindahkan ia dengan lembut ke tempat yang nyaman, elus-elus sebentar hingga ia tenang, selanjutnya Anda dapat meneruskan pekerjaan Anda yang tertunda. ( Pelajari juga: Tips Waspada Kutu Kucing)
  1. “Mata selalu benar berkata”, istilah tersebut ternyata juga berlaku di dunia per-kucingan. Kontak mata sangat penting dalam menerjemahkan ekspresi hewan. Kucing akan berbagi perasaannya dengan seseorang melalui kontak mata, hanya pada orang yang ia kenal, percaya dan cintai. Ia dapat menunjukkan tatapan mata empati ketika Anda sedih, tatapan exicited ketika Anda senang, tatapan memelas untuk meminta sesuatu layaknya dalam film push on the booth, juga tatapan waspada, khawatir dan takut ketika ia merasa terancam. Ketika ia sudah percaya dengan Anda, saat Anda sedang kontak mata dengannya, kemudian Anda berkedip pelan, maka ia pun akan mengikuti berkedip setelah Anda. Lihatlah ia lebih dekat, maka akan tampak bahasa yang ia sampaikan.
  1. Hadiah sering menjadi lambang cinta kasih, begitu pula dengan yang dilakukan si kucing. Ia akan memberi Anda sesuatu yang disukainya kepada Anda, seperti makanan atau mainan favoritnya, bisa juga hasil penemuannya saat eksplorasi yang dianggapnya bagus. Maka jangan kaget atau heran ketika Anda menemukan benda-benda seperti bangkai tikus, burung, cecak, bulu-bulu, tali, biskuit di bawah bantal Anda atau disekitar tempat yang Anda sukai. Ia sedang menyatakan cintanya, meski agak seram ketika Anda bangun disambut bangkai tikus buruannya..!
  1. Dengkuran kucing sangat khas bagi pada owner, akan selalu terdengar disetiap tarikan nafasnya, dan semakin keras ketika Anda mengelus dagu hingga lehernya. Dengkuran ini berarti kenyamanan untuknya, seperti senyuman yang dilakukan manusia, ia sedang tersenyum damai dengan dengkurannya pada Anda yang dicintainya, di rumah Anda yang disukainya. (Simak pula: Gangguan Lambung pada Kucing)

Setiap makhluk Tuhan dikaruniai akal dan rasa sehingga ia dapat berfikir dan mencinta.. hewan pun dapat berkasih sayang dengan manusia, sudah seharusnya kita sebagai manusia memiliki kelembutan hati untuknya.. (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.