Waspadai Adanya Benda Tajam dalam Tubuh Ternak

PecintaSatwa.com – Tidak seperti komputer yang memiliki piranti lunak (software) dan piranti keras (hardware) dalam perakitannya. Hardware disease pada ternak lebih merupkan istilah suatu penyakit, dimana terjadi gangguan kesehatan akibat adanya benda tajam dalam tubuh ternak.

Secara alami, sebenarnya sapi memiliki behaviour untuk memilih dan memilah pakan. Ia hanya akan memakan jenis pakan terbaik dan menghindari benda-benda yang membahayakan hidupnya. Akan tetapi, sistem peternakan intensif seperti feedlot dapat menghilangkan insting alami ternak dalam memilah dan memilih makanan.

Simak Pula: Waspadai Hair Balls pada Sapi

Meski minum diberikan secara adlibitum, pakan ternak seperti hijauan dan konsentrat biasanya diberikan terjadwal dengan jumlah yang telah dihitung sebelumnya. Hal ini berguna untuk menghitung efisiensi dan efektifitas pakan, dengan tujuan meminimalisir biaya produksi dengan tanpa mengurangi kualitas produk yang dihasilkan.

Pemberian pakan Sapi Feedlot

Umumnya sapi yang dipelihara secara feedlot diberi pakan dua kali sehari, pada pagi hari sekitar pukul 08.00 dan sore hari sekitar pukul 16.00 berupa hijuan terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan pemberian konsentrat. jadwal tersebut secara bertahap akan menjadi alarm biologis sapi untuk merasa sangat lapar. Oleh kerena itulah saat jam makan tiba, sapi-sapi akan langsung menghabiskan pakannya hingga tandas, dan palungan pakan bersih mengkilat dijilat. Kebiasaan ini lambat laun akan menghilangkan insting memilih makanan, yang biasanya dilakukan sapi di padang gembala, terlebih bagi sapi yang sejak lahir sudah dipelihara dengan sistem intensif. Hanya pada beberapa kasus tertentu ternak enggan memakan pakannya hingga habis, contohnya saat ia sakit atau kualitas pakan sudah sangat buruk (tengik).

Hilangnya natural behaviour untuk memilih dan memilah makanan akan menyebabkan ternak menganggap segala apapun yang ada di palungan adalah pakan untukknya, bahkan ketika didalam hijauan atau konsentratnya terselip barang non pakan seperti plastik bungkus, kertas, tali tampar, besi dsb, ia akan tetap memakannya dengan lahap. Peternak baru akan mengetahuinya ketika ternaknya mati mendadak, saat dibelah perutnya terdapat sampah non pakan.

Akibat Hardware Disease

Kawat dalam retikulum sapi

Kawat dalam retikulum sapi

Bukan santet atau sihir apabila sapi tiba-tiba ambruk dan mati seketika. Kemudian setelah di-nekropsi (autopsi hewan) ditemukan adanya paku, kawat, besi, keramik dan benda tajam lainnya, keadaan inilah yang disebut sebagai hardware disease.

Cermati: Apa Penyebab Keracunan pada Ternak

Adanya benda asing non pakan (corpora aliena) pada tubuh sapi sangat membahayakan, terlebih yang memiliki sisi tajam atau ujung runcing. Hampir semua kasus hardware disease penyebab utamanya dari kualitas pakan yang tidak terkontrol. Bahan pakan yang berasal dari suplier sering kali beserta dengan benda-benda berbahaya, contohnya kawat dan batu tajam. Ditambah lagi selama proses mixing pakan tidak dilakukan pemeriksaan dengan teliti, akibatnya benda-benda tajam tersebut akan ikut terolah menjadi pakan siap saji dipalungan sapi, dan sapipun melahapnya dengan nikmat.

Disisi lain, adanya perbaikan kandang juga harus diperhatikan. petugas maintenance yang kurang berhati-hati sering kali meninggalkan sisa-sisa bahan di kandang seperti potongan besi, paku, sisa mata gerinda. Sangat disayangkan apabila benda tersebut tertinggal dipalungan sapi.

Proses Terjadinya Hardware Disease

Benda tajam yang tertelan sapi akan ikut masuh ke saluran pencernaan. Ketika terjadi kontraksi rumen, benda tajam tersebut beserta pakan akan ikut bergerak. Gerakan benda tajam dalam rumen beresiko menusuk dinding rumen hingga menembusnya dan merusak organ dalam lain disekitar rumen seperti diafraghma dan hati.

Apabila diafraghma berlubang karena tusukan, makan rongga dada sapi seketika akan kolaps karena tekanan negatif didalamnya berubah menjadi tekanan positif. Akibatnya akan terjadi kegagalan inspirasi dan ekspirasi dalam sistem pernafasan, tidak lama kemudian ternak biasanya akan ambruk dan tutup usia seketika.

Jika organ hati yang tertusuk, maka akan mengganggu sistem detoksifikasi tubuh, dan menyebabkan pendarahan didalam rongga perut, akibatnya secara perlahan dalam hitungan jam akan terjadi penurunan kondisi tubuh, kolaps, sapi dapat kejang kemudian tutup usia.

Baca: Bisnis Penggemukan Sapi Pedaging

Mencegah Hardware Disease

magnet yang dipasang dalam lambung sapi

magnet yang dipasang dalam lambung sapi

Untuk mencegah terjadinya hardware disease, di industri pakan modern sudah mulai digunakan magnet dalam mesin mixing nya, dengan tujuan untuk menarik material besi yang tercampur selama proses pengolahan pakan. Selanjutnya petugas kandang juga harus ekstra hati-hati, minimal 2 kali sehari saat jam makan ada petugas yang memantau palungan pakan sapi, apabila terdapat benda asing harus langsung disingkirikan. Dan terakhir, terdapat teknologi pencegahan hardware disease dengan memasangkan magnet di dalam lambung sapi, tentu saja dengan observasi medis, jadi apabila ada besi tajam masuk maka akan segera menempel ke magnet tersebut, sehingga tidak menusuk dinding rumen. (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.