Warna Warni Iguana dan Keningratannya

PecintaSatwa.com – Siapa sih yang tidak kenal iguana? Ya!, kadal hijau yang satu ini memang sudah cukup umum dipelihara di Indonesia, bahkan sebelum tren memelihara reptil berkembang. Bentuk tubuhnya yang unik layaknya ‘godzila’ membuat banyak orang jatuh cinta pada satwa yang satu ini. Iguana memang tergolong reptil yang cukup menyenangkan untuk dipelihara, dengan sifat yang jinak serta bersahabat. Makanan iguana pun tergolong mudah untuk didapatkan,

Green iguana

Green iguana

berupa kombinasi sayuran hijau dan buah-buahan yang biasa dijumpai di pasar.

Jenis – Jenis Iguana di Dunia

Nah, tahukah Anda kalau sebenarnya terdapat cukup banyak jenis iguana di dunia? Ya, kata iguana sebenarnya merujuk pada satu suku kadal, iguanidae, dengan anggota yang cukup beragam.  Ada sekitar 48 spesies iguana dari 8 genus yang ada di dunia, mulai dari iguana hijau, iguana laut, iguana batu, iguana gurun, dan lain-lain. Nah, dari 48 spesies ini, hanya iguana hijau yang paling sering dijual dan dipelihara di Indonesia serta sebagian besar wilayah lain di dunia. Iguana lain sangat jarang dijual, dan beberapa spesies tergolong langka dan dilindungi oleh negaranya masing-masing. (Ketahui pula: Stomatitis – Sariawan pada Reptil)

Iguana Albino

Iguana Albino

Iguana hijau memiliki permintaan yang cukup besar dari seluruh dunia, sehingga berdirilah beberapa breeder yang mengembang-biakan iguana untuk dipasarkan. Seiring dengan berjalannya waktu, para pengembang iguana pun menghasilkan morph atau warna lain dari iguana hijau melalui perkawinan selektif, seperti warna biru, merah, atau albino . Jadi, kalau Anda yang menemukan iguana yang berwarna bukan hijau di pasaran, sebenarnya itu hanyalah iguana hijau dengan kelainan genetik, bukan spesies yang berbeda.

Morph Iguana yang ada

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh morph iguana yang sering dijual di pasaran, yuk kita lihat!

  1. Green

Sebagai morph normal, iguana dengan warna hijau paling mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Jenis iguana ini berwarna hijau di seluruh tubuhnya, dengan sedikit corak kehitaman di beberapa titik seperti ekor dan punggung. Pada jantan berukuran besar, warna muka bisa berubah keabu-abuan tergantung sifat genetiknya.

Hypomelanistic iguana

Hypomelanistic iguana

Beberapa iguana muda juga memiliki sedikit corak biru di bagian mukanya.

  1. Albino

Iguana albino memiliki warna kuning cerah di seluruh tubuhnya, dengan mata berwarna merah. Warna kuning cerah ini bisa berubah menjadi agar kemerahan ketika dewasa. Iguana albino berasal dari perkawinan selektif yang dilakukan oleh para breeder agar mendapatkan bentuk yang menarik. Sifat albino sendiri merupakan kelainan genetik yang membuat hewan tidak memiliki pigmen warna di tubuhnya, dicirikan oleh mata hewan yang berwarna kemerahan. Harganya? Tentu saja mahal.

  1. Blue
Blue iguana

Blue iguana

Seperti namanya, morph iguana ini memiliki warna hiju-kebiruan di seluruh tubuh, dengan beberapa corak abu-abu di muka. Iguana dengan corak ini biasanya berasal dari bagian selatan Amerika, seperti Peru, atau hasil dari selective breeding yang ketat. Bila Anda ingin memelihar iguana biru yang masih kecil, Anda harus berhati-hati karena ada beberapa individu iguana yang hanya berwarna biru ketika muda, namun berubah menjadi hijau ketika sudah dewasa.

Selain iguana biru, ada juga yang disebut sebagai iguana axanthic dengan harga yang lebih mahal. Bentuknya mirip dengan iguana biru, namun warna birunya lebih menyala. Selain itu, iguana axanthic juga memiliki gen yang dibutuhkan untuk membuat snow iguana yang berwarna putih (lihat di bawah), sehingga menjadi buruan para breeder di dunia.

  1. Snow
Snow Iguana

Snow Iguana

Snow atau Blizzard iguana merupakan salah satu morph paling langka dan paling mahal. Iguana snow memiliki warna putih susu di seluruh tubuhnya, dengan mata merah khas albino. Iguana ini bisa dihasilkan dari perkawinan selektif antara iguana biru axanthic dengan iguana albino. Cukup sulit memperoleh keturunan dengan karakter ini, membuatnya digolongkan sebagai ‘reptil ningrat’ dengan harga selangit.

  1. False Red Iguana
False red iguana

False red iguana

Iguana ini disebut ‘iguana merah palsu’ karena warna merahnya tidak menutupi seluruh tubuh. Hanya bagian atas dari iguana ini yang berwarna merah, sementara perutnya tetap berwarna hijau. Harganya memang sedikit lebih mahal dari iguana hijau, namun jauh lebih murah dari red flame iguana yang bisa mencapai jutaan rupiah. Jangan tertipu!

  1. Red Flame Iguana

Iguana yang satu ini mirip dengan false red iguana, hanya saja warna merahnya jauh lebih menyala, dengan bagian perut yang juga berwarna merah. Harganya lebih mahal dari false red iguana, jadi banyak orang yang menjual false red iguana sebagai red flame iguana demi memperoleh keuntungan singkat. Berhati-hatilah dalam

Red flaming iguana

Red flaming iguana

membeli iguana yang tepat agar tidak mudah tertipu.

  1. Hypomelanistic

Morph iguana ini memiliki warna hijau yang lebih cerah dan pucat dibandingkan iguana hijau normal. Hal ini disebabkan karena kurangnya pigmen melanin (hitam) di tubuh mereka, membuatnya terlihat lebih pucat. Iguana jenis ini membutuhkan suplemen vitamin yang lebih lengkap, dan harganya pun cukup mahal. ( Simak: Ular Terbesardi Dunia)

Nah, begitulah sedikit cerita tentang jenis-jenis iguana hijau yang dipelihara di dunia. Selain iguana tadi, ada juga beberapa iguana spesies lain yang diperjual-belikan, seperti Cuban Rock Iguana, Rhino Iguana dll, namun sepertinya jenis-jenis tersebut belum masuk ke pasar Indonesia. Saran kami, jika Anda

seorang pemula dan ingin memelihara iguana sebagai teman bermain, cukup beli iguana hijau normal dengan harga yang terjangkau. Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, iguana ini bisa menjadi teman bermain yang asyik di rumah.

 

Panji Gusti Akbar