Anjing Samoyed

PecintaSatwa.com – Sahabat pecinta satwa, kali ini kita akan mengulas breed anjing jenis Samoyed. Anjing berbulu tebal, hangat sekali tampaknya jika di peluk-peluk. Terlebih dengan tempramennya yang selalu ramah seperti Golden Retriever, selalu gemas jadinya para owner mengajak bola bulu putih ini bermain main, dan mengacak ngacak bulu nya dengan sayang.

Samoyed ternyata satu kampung halaman dengan Siberian Husky, Ya!! Dia berasal dari Siberia-Rusia, kawasan dingin bersalju, tentu saja cocok dengan bulu putih Samoyed yang tebal dan hangat. Ras Samoyed mulai berkembang beberapa abad yang lalu, sebagai sahabat setia suku Samoyed yang hidup secara nomaden, anjing ini bertugas untuk menjaga rusa kutub sekaligus sebagai anjing penarik kereta luncur.

Ciri Khas Anjing Samoyed

Tipe wajah senyum dan keramahannya menjadikan Samoyed anjing favorit keluarga, hingga tak hanya warga Siberia saja yang mencintainya, namun juga semua pecinta anjing di berbagai penjuru dunia, lebih lebih saat kepopulerannya melejit saat mulai sering dilakukannya explorasi kutub oleh para penjelajah dan peneliti. Pada tahun 1800an, Samoyed mulai banyak dibawa ke Inggris, satu dekade setelah itu Samoyed pertama kali terlihat di United States. (Baca: Ras Anjing ini Titisan Leluhur atau Lambat Berevolusi?)

samoyedSecara fisik, Samoyed dapat tumbuh hingga sekitar 46-56 cm, dengan berat normal 16 – 30 kg, dan dapat hidup hingga 12 tahun bahkan lebih jika diperlihara dengan baik dan hati-hati. Samoyed membutuhkan exercise dalam jumlah besar, lebih dari 2 jam sehari, ia termasuk jenis anjing yang energik. Di sisi lain, Samoyed juga merupakan ras anjing berbulu cantik, berwarna putih bersih keperakan, ia membutuhkan grooming dengan intensitas tinggi, 1 – 2 hari sekali. Secara psikis, sifat baik hati Samoyed membuat ia menjadi anjing yang cukup mudah dilatih, sedikit kesabaran yang diberikan seoraang pelatih atau owner  berpengalaman akan membentuk karakter anjing ini semakin kuat, baik hati dan senang membantu pekerjaan manusia.

Anjing Samoyed Suka Berteman

Siapa yang tidak tersentuh melihat senyum Samoyed, sifatnya baik hati dan pemaaf, benar saja jika ia selalu diinginkan. Hal penting  yang harus diperhatikan saat Anda memelihara Samoyed adalah jangan biarkan ia kesepian, Samoyed merupakan anjing dengan tingkat sosialisasi yang tinggi, ia suka berteman dengan manusia, dan anjing lain, jadi usahakan anda telah memelihara anjing-anjing baik hati sebelum memelihara Samoyed, atau pelihara sepasang atau satu koloni Samoyed, pasti rumah anda akan ramai dan ceria. Jika tidak demikian, Samoyed yang kesepian, bosam dan murung, akan cenderung bertingkah nakal, ia akan selalu mencoba kabur dari rumah, menggali nggali berlebihan dan berusaha melewati pagar, ia pun rindu pertemanan. (Cerita: Rough Collie – Anjing Gembala yang Setia)

Secara normal, Samoyed akan mengalami rontok bulu setahun sekali, kadang-kadang terlihat parah. Sebagai master, anda harus memberi perhatian lebih saat ia mengalami hal ini, selalu perhatikan tingkat stress yang terjadi padanya, jika stress terjadi berlebihan hingga menurunkan nafsu makan dan memperburuk kondisi kesehatannya, segera konsultasikan hal ini pada dokter hewan pribadi anda. Lebih disarankan, anda memelihara anjing ras Samoyed di kawasan pegungungan yang sejuk hingga dingin, dia pasti menyukainya. Jika anda sudah memilikinya di daerah kota dengan suhu cukup panas, dianjurkan anda menempatkannya di dalam ruangan berpendingin udara, dan lakukan exercise pagi hari saat suhu masih sejuk, matahari belum terlalu terik. (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.