Cerita Si Legendaris Lessie

Anjing rough collie

Diangkat dari kolom cerita pendek pada Saturday Evening Post pada tahun 1938 kemudian dilanjutkan melalui karya film“lassie come home”sebuah kisah kesetiaan seekor anjing yang menempuh perjalanan dari skotlandia menuju Yorkshire, inggris melalui hujan badai hanya untuk menemui pemilik aslinya, seorang anak kecil. Sepenggal cerita inilah yang mengantarkan anjing ras Rough Collie (collie bulu panjang), pada puncak ketenarannya hingga kini. Kisah kesetiannya tersebut membuat anjing ini sangat terkenal dan banyak orang yang ingin menjadikannya sebagai accompanion animal atau hewan sahabat bagi manusia.Namun apakah benar kesetiaan anjing ras tersebut sama seperti yang diceritakan difilm? Mari kita bahas lebih lanjut sejarah, karakter dan bentuk fisik anjing Rough Collie.

Ciri khas Anjing Collie

Rough Collie merupakan anjing gembala berasal dari skotlandia berukuran medium serta mempunyai bulu panjang. Mempunyai postur yang cukup tinggi antara 24-26 inchi untuk jantan dan 22-24 inchi betina dengan berat 50-70 pounds. Anjing collie dibedakan menjadi dua yaitu rough collie dan smooth collie, yang membedakan dari jenis anjing tersebut hanya bentuk bulu yang dimiliki. Rough collie mempunyai bulu yang panjang sedangkan smooth collie memiliki bulu pendek.Bagian kepala mempunyai bentuk rata pada bagian atas tengkorak serta alis mata melengkung dengan bentuk moncong panjang lonjong serta meruncing jika dilihat dari samping dengan warna hidung hitam untuk semua warna breed rough collie.

Ukuran dari bola mata anjing collie adalah sedang dengan bentuk seperti almond. Beberapa warna mata yang dimiliki oleh anjing ini adalah dark brown, dan blue. Pada anjing dengan warna blue merles matanya akan berwarna biru pada kedua mata atau hanya salah satu saja. Bentuk telinga hanya ¾ bagian saja yang berdiri sisanya akan mengatup kedepan. Kaki berbentuk lurus dan ekor berukuran panjang moderat. Variasi warna bulu dari ras tersebut antara lain kombinasi sable (cokelat) dan Putih, tricolor (putih, sable, hitam), dan blue merle

Biasa disebut dengan collis, colley, coally, dan coaly berasal dari kata anglo-saxon col atau coll yang berarti hitam. Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa nama colley berasal dari Scottish black-faced sheep yang biasa dijaga oleh anjing collie. Ahli sejarah juga mencatat anjing collie di bawa keinggris oleh bangsa romawi sekitar 2000 tahun silam.

Karakter Anjing Collie

Pada awalnya karakter penting yang harus dimiliki anjing collie adalah kemampuan dalam menggembala bukan penampilan fisik dan bulu, murni digunakan untuk gembala ternak saja. Padatahun 1860 ratu Victoria jatuh cinta ketika melihat penampilan dan tempramen anjing ras collie yang sangat baik saat mengunjungi Istana Balmoral di Skotlandia. Kemudian ia mengambil beberapa ekor, dibawa ke inggris untuk dibiakkan. Sejak saat itu anjing collie menjadi lambang status dan mode sehingga, seiring berjalannya waktu, kualitas penampilan anjing collie lebih diutamakan dari pada kemampuan dalam menggembala.

Sejarah Kontes Anjing Collie

Collie pertama kali dipamerkan dalam kontes anjing (dog show) pada tahun 1860 di Brimingham, inggris, masuk dalam kelas “scotch sheep-dogs”. Seekor collie, bernama old cockie yang lahir pada 1867 dikenal sebagai coli pertama yang memiliki warna sable (cokelat dan putih). Warna tersebut bukan satu-satunya warna yang terkenal pada rough collie tetapi ada warna lain yang lebih dikenal oleh masyarakat luas hingga saat ini yaitu warna tri-colore. Warna tri-colore pertama kali dihasilkan oleh cucu dari old cockie trefoil pada 1873.

Penampilan collie cukup dikenal baik oleh banyak orang, tetapi karakter tempramennya yang membuat anjing jenis rough collie lebih dikenal oleh masyarakat hingga ditulis kedalam novel dan difilmkan.

Kelebihan Utama Anjing Collie

Collie dikenal mempunyai sifat karena loyalitas, keramahan, dan berinteraksi dengan pemilik sehingga lebih dikenal dengan people oriented breed. Anjing tersebut sangat senang apabila berada ditengah keluarga pemiliknya dan akan sangat cemas apabila terpisah daripemilik. Hampir semua breed collie mempunyai kemampuan dalam membangun ikatan melalui kesetiannya terhadap pemilik. Beberapa anjing dari ras tersebut akan menjadi one family dog akibat kuatnya ikatan terhadap pemilik sehingga kurang ramah terhadap orang lain. Namun hal ini dapat diatasi dengan melatih anjing tersebut untuk berinteraksi dengan orang lain meskipun sebenarnya anjing collie merupakan anjing yang sangat ramah.

Meskipun Collie mempunyai naluri kewaspadaan yang cukup tinggi mengingat fungsinya sebagai anjing penggembala dan penjaga ternak, tetapi kurang cocok untuk dijadikan anjing penjaga karena keramahannya terhadap orang lain. Pada umumnya collie dipilih sebagai anjing keluarga karena mampu bersosialisasi sangat baik dan suka mengajak bermain anak kecil. Beberapa anjing dari ras tersebut juga memiliki kemampuan dalam mengasuh anak kecil.Emosi dari anjing collie sangat sensitive apabila melihat keluarganya mengalami trauma fisik maupun psikologis sehingga sangat tidak cocok dipelihara oleh keluarga yang memiliki tingkat emosi tinggi.

Pada umumnya collie mempunyai level aggresi yang sangat rendah, hanya pada beberapa ekor saja yang berkembang hingga level sedang. Kebanyakan collie lebih suka hidup bersama teman sesama anjing terutama sesama collie. Berdasarkan fungsinya sebagai anjing gembala selama beberapa abad, collie dapat bersosialisasi dengan baik terhadap hewan lain di saat anjing jenis lain perlu waktu dalam belajar berinteraksi dengan hewan lain, collie dapatmelakukannyadengancepat. Sangatjarang collie menyeranghewan yang lain,karenasecara natural ia memiliki sifat untuk menggembala, sehingga akan menjaga hewan disekitarnya dari bahaya.

Ras Anjing rough collie

Meskipun modern collie telah hilang kemampuannya sebagai anjing pekerja namun masih memiliki naluri bekerja, kemampuan, dan intelegensi  yang cukup tinggi sehingga sangat mudah dilatih. Collie bersifat sangat tenang meskipun termasuk dalam trah anjing gembala.Tidak perlu memberikan latihan yang berlebihan untuk mengeluarkan energy didalamnya. Pemilik cukup secara rutin mengajak anjing berjalan santai dan lari pagi selama selama 30 menit hingga satu jam cukup untuk mengatasi karakter collie yang energik. Jika latihan tidak dijalankan secara rutin, collie juga mempunyai tendensi menjadi hiperaktif dan menggonggong secara berlebihan. Jika energi sudah tersalurkan dengan baik maka resiko hiperaktif akan sangat kecil dan anjing lebih tenang. Meskipun bukan lagi sebagai anjing yang workaholic, tetapi anjing collie tetap membutuhkan kegiatan seperti menggembala, berlatih halang rintang dan sebagai teman hiking maupun berkemah.

Dibalik kecerdasan dan kelebihan yang dimiliki oleh ras collie terdapat beberapa kelemahan yang akan menjadi pertimbangan untuk memilikinya. Ada satu masalah prilaku yang umum yaitu collie sangat vocal dan bisa sangat berisik. Apabila tidak dilatih dengan baik collie akan menggongong lebih konstan dalam beberapa jam tanpa berhenti. Hal ini perlu diperhatikan pemilik untuk menyusun program latihan rutin terutama bagi pemilik yang tinggal di lingkungan padat karena akan sangat mengganggu orang disekitar.

 

Tri Bhawono Dadi, drh., M.Vet.