Anjing Poodle

PecintaSatwa.com – Poodle banyak disebut sebagai anjing fashionable. Bulu (rambut. red)nya sering dimodifikasi dengan bentuk-bentuk yang lucu, baik dengan dicukur maupun hanya dengan menambahan aksesoris. Anjing poodle banyak dicinta doglovers terutama para wanita, karena layaknya boneka, poodle mudah didandani dan bergaya cantik bersama ownernya.

Baca: 10 Jenis Anjing Termahal

Breed poodle yang populer saat ini berasal jenis Standard Poodle melalui proses selective breeding. Terdapat 3 varian poodle, yaitu toy, miniature, dan medium, meski beberapa kennel tidak mengakui jenis medium. Jenis poodle yang kecil paling banyak diminati oleh pecinta anjing, bagaimana tidak, semakin kecil poodle maka semakin mirip ia dengan boneka yang lucu sekali.

Poodle sudah terkenal sebagai anjing peliharaan di perancis sejak masa Louis XIV dan Louis XVI. Kecerdasannya yang tinggi dan sikapnya yang ekstrovet membuat poodle sangat digemari, terlebih poodle juga sangat energik, suka bermain, penyayang serta pemberani. Anjing yang elegan ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru baik di daerah perkotaan maupun di pedasaan.

Warna Bulu Anjing Poodle

Variasi warna bulu poodle beragam, namun pada pure breed hanya terdapat warna-warna solid seperti hitam, putih, abu-abu, coklat muda, coklat tua dan coklat kemerahan. Poodle memiliki warna mata yang gelap, telinga panjang ke bawah, dada yang dalam dan lebar, bulu tebal dan panjang, kaki kecil berbentuk oval, dan otot yang kuat.

Anjing asli Perancis ini dapat hidup hingga lebih dari 12 tahun, dengan berat 3-4 kg dan tinggi 28 cm untuk jenis toy; 7-8 kg dan tinggi 18-38 cm untuk jenis miniatur, 21-35 kg dan tinggi 38-45 cm untuk jenis medium.

Simak: Yuk Ketahui Cara Mengawinkan Anjing

Bulu tebal yang dimiliki poodle harus dirawat setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya. Poodle juga membutuhkan exercise di luar sekitar 2 kali dalam seminggu. Poodle mudah bersosialisasi dengan hewan lain dan manusia disekitarnya, disamping itu poodle juga termasuk anjing yang sangat mudah untuk dilatih.

Toby Rime, anjing poodle dari New York menjadi salah satu anjing terkaya di dunia setelah diwarisi harta senilai 80 juta USD oleh Wendel, Pemiliknya. Hingga kini kekayaan tersebut terus dimanfaatkan dan diwariskan ke keturunan Toby Rime.

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.