Mengenal Anjing Doberman

PecintaSatwa.com – Breed anjing Dobermann tercatat mulai dikenal pada tahun 1860, melalui persilangan / cross breeding dari beberapa jenis anjing, diantaranya Anjing Gembala Jerman, Anjing Greyhound, Anjing Rottweiler, dan Anjing Weimaraner. Di negara asalnya, secara resmi disebut Louis Dobermann.

Dari perkawinan silang beberapa breed diatas, Dobermann mewarisi banyak sifat unggul, seperti kemampuan sebagai anjing penjaga, dan anjing pemandu karena kecerdasan dan sifatnya yang pemberani, cepat dan perawakan yang gagah. Anjing Dobermann sangat setia pada masternya, melindungi sang tuan dengan kekuatan dan kasih sayang.

Baca juga: Gagahnya Anjing Rotweiller

Anjing doberman

Anjing doberman

Anjing perkasa asli Jerman ini banyak digunakan sebagai anggota kepolisian dan biro keamanan di dunia. Sebagai anggota keluarga, Dobermann akan menjadi anjing favorit, ia banyak diperlihara pencinta anjing baik di desa maupun di perkotaan.

Ciri Khas Anjing Doberman

Dobermann memiliki bulu (rambut.red) pendek yang lembut, biasanya berwarna hitam dengan kombinasi warna cokelat pada moncong, dada bagian lateral, dan kaki bagian bawah. Selain hitam, terdapat Dobermann dengan variasi warna coklat, kebiruan dan isabellla. Bentuk kepala Dobermann cenderung datar memanjang, dengan mata berbentuk almond, kakinya kompak menyerupai kaki kucing.

Simak: Waspadai Canine Influenza – Flu Anjing

Anjing Gagah yang pemberani ini, dapat survive hingga lebih dari 13 tahun, berat tubuh idealnya sekitar 30-40 kg, dengan tinggi 65-69 cm. Dobermann mudah bersosialisasi dalam keluarga dan lingkungan, disamping itu ia juga cukup mudah dilatih, namun anda harus sering mengajaknya exercise diluar, karena Doberman membutuhkan waktu exercise yang rutin setiap hari. Dalam hal grooming, cukup mudah merawatnya, satu minggu sekali cukup dapat menjaga keelokan tubuh perkasanya. (Rind)

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.