Mengenal Anjing Dachshund

PecintaSatwa.com – Anjing jenis Dachshund terkenal diantara para pecinta anjing karena rasa rasa ingin tahu yang tinggi, keberanian dan kesetiannya, oleh sebab itulah ia banyak dijadikan sebagai anjing kesayangan, disamping itu ia juga berbakat menjadi anjing pengawas yang baik.

mary kate olsen berjalan santai dengan dachshundnya

mary kate olsen berjalan santai dengan dachshundnya

Meski berbadan kecil, Dachshund membutuhkan cukup exercise untuk menjaga tempramennya yang penuh kasih sayang dan ceria. Ketika ia berburu sesuatu, ia akan benar-benar mengejarnya dengan sungguh-sungguh, sehingga ia cenderung mengabaikan anda saat fokusnya sedang membidik sesuatu.

Baca: Anjing Chow Chow – Tukang Cemberut yang Lucu

Jangan tekejut ketika anda pertama kali mengunjungi rumah teman anda yang memelihara Dachshund, kemungkinan besar anda akan digonggongi terus menerus oleh si anjing kecil itu hingga masternya keluar dan memintanya diam. Sifat protektif dimiliki oleh jenis anjing ini, ia akan mencoba menakuti, dan mengusir orang asing yang baru dilihatnya demi melindungi rumah dan ownernya. Akan tetapi ketika ia tahu anda adalah teman majikannya, dan anda bersikap baik padanya, maka ia pun akan menjadi anjing penyayang yang menggemaskan, tak lagi menandai anda sebagi musuh.

Jenis Anjing Dachshund

Secara harfiah, Dachshund dog berarti anjing berang-berang dalam bahasa Jerman, dikenal juga sebagai Dackel, di Belanda ia biasa disebut sebagai anjing Teckel, di Indonesia sebagai anjing Tekel dan di Amerika terkenal sebagai anjing hotdog.

Variasi ras anjing Dachshund cukup beragam. Berdasarkan bulunya (rambut.red), terdapat 3 jenis Dachshund, smooth haired, long haired dan wire haired. Smooth haired Dachshund memiliki rambut pendek yang halus menyatu dengan kulit serta sangat mengkilap, sedangkan longhaired Dachshund, hampir seluruh tubuhnya dipenuhi rambut panjang yang lembut bahkan hingga bagian luar telinganya, kecuali wajah dan kepala bagian atasnya. Sedangkan wire haired Dachshund, berbulu pendek yang lembut namun tidak secepak jenis smooth haired. Ragam warna Dachshund cukup banyak, seperti coklat kemerahan, coklat tua, coklat keemasan, coklat keabuan, hitam dan perpaduan antara hitam dan cokelat.

Baca Pula: Terapi Anti Kutu – Pentingkah?

longhaired dachshund

longhaired dachshund

Dilihat dari ukuran tubuhnya, Dachshund diklasifikasikan menjadi miniature Dachshund dan standard Dachshund. Jenis miniature memiliki tinggi badan sekitar 13-15 cm dengan berat 4-5 kg, sedangkan jenis standard sekitar 20-23 cm dengan berat 9-12 kg. Keunikan ras anjing Dachshund terletak pada ukuran tubuhnya yang jauh lebih panjang dari anggota geraknya, terlihat menyerupai sosis. Selain itu, bentuk telinga Dachshund seperti daun, panjang dan menjuntai ke bawah. Kaki depan anjing ini lebih lebar dari kaki belakangnya.

Simak: Mainan untuk Anjing Kesayangan

Anjing kecil asli Jerman ini dapat hidup sehat sekitar 12-15 tahun. Dachshund juga cukup mudah dilatih, mudah berbaur dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya, ia membutuhkan exercise minimal 2 kali dalam seminggu dan dalam perawatannya lebih baik lebih dari sekali perminggu untuk menjaga keindahan rambutnya. (Rind)

 

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.