Tentang Anjing Chow Chow

PecintaSatwa.com – Sepintas, wajah anjing chow chow memang menyerupai beruang, akan tetapi apabila diamati lebih seksama wajah perkasa beruang pun tidak dapat menandingi raut muka chow chow yang unik dan begitu khas. Secara alami, bentuk wajah chow-chow menyerupai orang cemberut / scowling expression, dengan mata sipitnya yang datar dan bentuk mulut melengkung ke bawah. Tidak ada jenis anjing manapun memiliki kemiripan bentuk wajah dengan chow chow yang unik.

Masyarakat China sangat familiar dengan ras anjing chow chow, mereka telah hidup berdampingan sejak 2000 tahun yang lalu. Berdasarkan analisa DNA, breed chow-chow dikonfirmasi sebagai salah satu ras anjing primitif benua Asia yang masih eksis hingga saat ini, diduga ia berasal dari dataran tinggi Siberia, China Utara dan Mongolia, selanjutnya diperkirakan ras chow chow merupakan salah satu nenek moyang breed Samoyed, Pomerian, Keeshond dan Norwegian Elkhound.

Baca: Pakan Buatan Sendiri untuk Anjing Kesayangan

Ciri Khas Anjing Chow Chow

chow chow bercorak panda yang dimiliki Meng Jiang

chow chow bercorak panda yang dimiliki Meng Jiang

Anjing berbadan kekar ini banyak dijadikan anjing pemburu dan anjing penjaga, namun sayangnya kebudayaan masyarakat China mengkonsumsi daging anjing menjadikan chow-chow sebagai salah satu sumber daging konsumsi bagi mereka dan penghasil bulu (rambut.red) untuk pakaian hangat di musim dingin. Dilema memang..

Anjing chow chow baru dikenal di dunia barat setelah abad ke-19, anjing jenis ini sangat loyal pada masternya, akan tetapi galak atau tidak ramah pada orang asing. Jangan tertipu dengan ekspresinya yang menggemaskan, jika anda baru pertama kali bertemu chow chow, bisa jadi dia bersikap garang pada anda, hingga terus menggonggong saat melihat anda sebagai orang asing.

Baca: Anjing Samoyed – Si Bola Bulu Putih

Selain ekspresi cemberut yang khas pada chow chow, ia juga bertubuh gempal dan memiliki lidah berwarna biru kehitaman. Telinga anjing asli negeri tirai bambu ini berbentuk melingkar, tebal dan kecil, bentuk telapak kakinya juga kecil melingkar. Hampir seluruh tubuh chow chow jenis rough coated diselimuti rambut tebal, berwarna lebih terang di kaki bagian dalam dan ekstra tebal pada bagian leher, seakan menggunakan mantel musim dingin. Ekor chow chow melengkung ke atas mengarah ke tulang belakang. Disamping coklat keemasan, anjing cemberut ini juga terdapat yang berwarna krem, cokelat kemerahan, dan hitam kebiruan.

Anjing yang juga terkenal dengan sebutan Chowdren ini sangat mandiri dan cukup keras kepala, karena itu dibutuhkan pelatihan sejak dini untuk membentuk karakter dan tempramen sosialisinya. Anjing ini juga membutuhkan exercise cukup sering, kira-kira dua kali perminggu agar dapat mengimbangi sifatnya yang energik. Dalam hal grooming, ia membutuhkan perawatan setiap hari karena tebalnya rambut yang dimilikinya.

Simak: Anjing yang mendadak jadi Konglomerat

Jika dipelihara dengan baik dengan asupan nutrisi seimbang dan cukup exercise, chow chow dapat hidup sehat hingga 8-15 tahun, dengan performa tubuh 46-56 cm dan berat 21-32 kg. (Rind)

Herinda Pertiwi, drh., M.Si.
Editor in Chief at Pecinta Satwa [dot]com
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master of Science UNAIR (2016) specific on Veterinary Reproduction, Large Animal Clinician, Pet Lover, dan Researcher Focus on Reproduction Nutrition.