Apa sih Tandanya Hewan Peliharaan Sehat

PecintaSatwa.com – Apa hal yang paling mendebarkan bagi anda dan hewan kesayangan anda? Saat si manis tiba-tiba tidak mau makan seharian?, saat si brownie terlihat lemas tak semangat, padahal tadi pagi masih ceria? Atau ketika si blacky tiba-tiba muntah tak berdaya?

Tentu saja hal-hal tersebut diatas sangat mengkhawatirkan buat kita, terlebih anjing atau kucing kesayangan tersebut telah bersahabat dengan kita bertahun-tahun bahkan mulai kita masih anak-anak, karena itu sebisa mungkin kita merawatnya dengan baik, menjaganya, dan selalu waspada akan segala kemungkinan, bahkan disaat darurat sekalipun. Satu hal lagi yang harus anda ketahui sebagai owner yang bijak, yaitu bagaimana cara melihat keadaan hewan sehat atau sakit, simak beberapa tanda hewan sehat berikut ini:

  1. Nafsu Makan dan Minum.

Ini adalah tanda termudah dan terumum dijumpai pada hewan sakit. Akan tetapi tidak semua hewan kesayangan yang kurang bernafsu makan atau minum itu sakit, karena terdapat kondisi tertentu yang dianggap normal ketika hewan terlihat hanya sedikit menyentuh pakannya, yakni ketika kita ganti jenis/merk pakan, dalam keadaan birahi/minta kawin, kekenyangan dan diberi pakan yang mengandung bahan berbahaya. Jika tidak dalam keadaan tersebut, dan hewan terlihat lemas, lesu tak bersemangat, anda patut curiga si manis sedang tidak enak badan. (Baca: Tips Pentingnya menyikat gigi pada Anjing)

  1. Pup & Pee

Pada hewan yang sehat, pup dan pee secara normal dilakukan setiap hari minimal sekali. pup normal cendurung lembek berbentuk, dan pee normal, jernih berwarna cerah. Waspadai jika Blacky pup lebih dari 3 kali sehari, bentuknya cair / mencret, atau baunya menyengat tidak wajar, karena salah satu hal tersebut merupakan indikasi diare dan penyakit infeksi tertentu. berhati-hati lah jika pipis nya terlihat keruh, berwarnya kemerahan, atau bercampur darah, karena bisa jadi saluran kencingnya sedang bermasalah, seperti terdapat batu di kandung kemih atau ginjalnya akibat pemberian pakan kering dalam waktu yang lama tanpa disertai asupan minum yang cukup.

  1. Cara Berjalan dan Aktivitas

Layaknya anak-anak, hewan suka bermain, lari kesana kemari, dan meloncat-loncat. Sambil melihatnya bermain dengan lincah, coba sesekali anda amati cara berjalannya, apakah normal simetris ke empat kakinya?, apakah terlihat menjinjit di salah satu kaki?, apakah ada kaki yang diangkat?, apakah ada kaki yang diseret?, atau kah jalannya terlihat pincang. Anda harus jeli mengamatinya, lebih-lebih jika hewan tersebut baru anda adopsi dari jalananan, alam liar kucing masa kini. Banyak kemungkian buruk dapat terjadi pada kucing kita di jalanan, seperti tertabrak, terserempet atau terinjak. Jika anda dapat mendeteksi dengan cepat, kejadiannya belum lama, dan kasusnya tidak terlalu berat, penanganan yang cepat dan tepat akan dapat membantuk kucing/anjing kesayangannya anda kembali berjalan dan beraktivitas dengan normal. Namun jika hal tersebut agaknya sudah lama, pemeriksaan lanjutan tetap perlu dilakukan, untuk menghindari keadaan tersebut semakin parah, dan mengusahakan perbaikan kesehatan secara perlahan.

  1. Bulu

kucing yang sehatJika iklan shampo di TV sering kali berpromo dengan kata “rambut sehat hitam berkilau”, hal tersebut ada benarnya juga untuk hewan kesayangan anda, meski tidak semuanya berwarnya hitam. Bulu/rambut hewan yang sehat akan terlihat lebih bersinar, halus jika disentuh, tidak rontok berlebihan dan tidak telihat kusam. Bulu yang kering dan kusam dapat menjadi indikasi kekurangan vitamin tertentu pada anjing/kucing, disamping itu, keadaan stress juga dapat menyebabkan bulu rontok berlebihan dan kusam.( Baca: Jenis Kerontokan pada Kucing)

  1. Telinga

Daun telinga termasuk bagian tubuh yang tipis dan memiliki banyak pembulu darah, karena itu anda dapat melakukan perabaan pada bagian daun telinga hewan anda untuk mengetahui suhu tubuhnya secara umum. Jika teraba lebih panas dari biasanya, bisa jadi si blacky sedang demam. Selain itu, pada anjing yang memiliki bentuk telinga panjang sering mengalami pecahnya pembuluh darah akibat gerakan menggeleng karena gatal. Gerakan tersebut menyebabkan telinga membentur badan atau benda di sekitar anjing anda berdiri. Telinga anjing anda akan tampak menggembung karena berisi darah dari pembuluh darah yang pecah dan jika dipegang terasa empuk seperti kantong air. ( Simak: Jamur yang biasa Menginfeksi Kucing)

  1. Mata

Mata merupakan jendela hati. Organ tersebut dapat menunjukan kondisi kesehatan dari hewan peliharaan anda. Mata hewan yang sehat akan terlihat bersinar, garis-garis merah dibagian bawah mata terlihat jelas. Berhati-hati lah jika mata hewan kesangan anda terliha cekung – masuk ke dalam, melotot seperti mau keluar (pada ras anjing tertentu hal ini wajar) kondisi ini disebut glaucoma, bagian putih mata bawah terlihat pucat, dan garis-garis merah terlihat jelas, perlu dicuragai bahwa si browny sedang dehidrasi, cairan tubunya dibawah normal. Amati warna membran mukosa / bagian bawah kelopak mata dengan cara menarik kelopak mata bagian bawah, apaibila berwarna kuning ada kemungkinan hewan anda mengalami gangguan hati. Perhatikan ganggunan pada organ mata yang lain seperti katarak atau keratitis biasanya tampak kabut putih pada bagian lensa mata.

  1. Suhu Tubuh

Apabila memiliki thermometer digital dirumah, anda dapat melakukan pemeriksaan suhu secara berkala pada hewan kesayangan anda, atau disaat keadaannya terlihat kurang sehat. Suhu tubuh normal untuk kitten 38-39,5oC kucing dewasa 37,5-39,5 oC, puppy 38-39,5oC dan anjing dewasa 37,5-39,5 oC. Jika lebih tinggi dari kisaran suhu tubuh normalnya, kemungkinan besar anjing/kucing anda sedang demam, yang merupakan salah satu tanda klinis terjadinya suatu infeksi. Semakin cepat ditangani, kemungkinan untuk kembali sehat pun semakin besar.

Penanganan Muntah dan Kejang pada Anjing

Berbeda dengan kucing yang memiliki insting kuat terhadap makanan beracun, sebaliknya anjing kurang peka terhadap jenis makanan yang mengandung bahan berbahaya, bahkan sering kali anjing tidak mengenali adanya racun pada makanan yang memang sengaja dicampurkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Reaksi keracunan yang dapat dilihat, salah satunya adalah muntah sebagai reaksi penolakan tubuhnya, setelah itu hewan akan terlihat lemas atau kejang dan kondisinya semakin menurun. Kasus keracunan adalah kasus darurat yang harus segera ditangani secepatnya, tidak dapat ditawar. Jika hal ini terjadi dirumah atau didekat lingkungan anda segera bawa anjing atau kucing anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan. (Baca: Perlunya Vaksinasi pada Anjing dan Kucing)

Nah.. sekarang segera tengok si catty, si manis, si brownie, dan si blacky, baik baik saja kah? Semoga hewan kesayangan anda sehat selalu, dan tak pernah absen menggoda Anda untuk bermain bersama.

 

Tri Bhawono Dadi, drh., M.Vet.