Hal-Hal yang Harus Dicermati Saat Memilih Ikan Koi

Ikan Koi Unggul

Ikan Koi Unggul

PecintaSatwa.com – Ikan hias tampaknya masih menjadi satwa yang banyak digemari, terutama untuk menambah daya pesona taman maupun halaman rumah. Kali ini ikan koi yang sering kita temui di tempat penangkaran besar, sebenarnya juga bisa dikembangkan di kolam perairan yang biasa dibangun di taman rumah. Sering kita melihat bahwa ikan mas yang ditempatkan di halaman rumah dengan segala macam asesoris pendukungnya. Namun sedikit kita coba melihat potensi ikan koi dan tips memilih sebagai ikan hias khususnya untuk kolam di halaman rumah.

1. Tentukan selera berdasarkan warna dan corak ikan koi.

Beragam varietas ikan koi tentu menjadikan kebingungan dalam menentukan jenis koi apa yang ingin dipelihara. Pastikan bahwa corak ikan koi merupakan yang sangat kita gemari, dan disesuaikan dengan pola kolam dan taman yang menjadi hiasan. Bahkan memilih ikan koi jenis yang seragam dan serasi dengan desain kolam, lebih dianjurkan daripada sekedar memilih beragam jenis yang dipelihara dalam satu kolam, namun tidak cocok dengan desain kolam. Selain itu, potensi persaingan antar jenis ikan koi dalam satu populasi juga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup ikan. Seperti ikan Plantinum ogon tentu akan sangat tidak dominan apabila disandingkan dengan Sanke, Showa atau Matsuba. Ikan-ikan yang mempunyai corak warna tunggal dianjurkan dipelihara dalam kolam tersendiri atau jumlahnya dibuat lebih banyak daripada yang bercorak warna kombinasi.

Baca: Isi Aquarium Anda dengan Satwa-satwa ini

2. Periksa dan amatilah kesehatan ikan koi terutama dari aktivitas selama berada di dalam air.

Ikan koi yang sehat akan tampak aktif apabila diberi makanan dan apabila diamati sisiknya cerah, tidak tampak pengelupasan pada sisik, serta fungsi insang dan mulut yang normal. Bentuk kepala, sirip, tubuh dan ekor juga harus diamati, bila perlu minta riwayat kesehatan ikan dalam satu kolam. Ikan koi normal biasanya memiliki perbandingan antara tinggi dengan panjang tubuh 1 : 3 dengan panjang maksimal mencapai 20-30 cm. Garis punggungnya tidak melengkung dan bentuk tubuh simetris yang memudahkan ikan dalam berenang di dalam air. Sifat alami ikan koi yang tidak bisa hidup soliter dan membutuhkan teman dalam kolam pemeliharaan sehingga menjadi catatan penting pula bagi calon pembeli untuk memilih ikan koi yang suka menggerombol pada koi lainnya. Ikan koi yang menyendiri mengindikasikan adanya kelainan baik itu penyakit maupun psikis ikan sehingga akan sangat merugikan apabila dipelihara.

3. Melihat keturunan dari breeder (pembudidaya) ikan koi.

Terkadang pembeli lebih menyukai hasil persilangan ragam genetik ikan koi padahal untuk memelihara induk asli lebih dianjurkan terutama menjaga mutu genetik asli ikan koi. Membeli ikan koi pada pembudidaya asli dan disertai surat atau sertifikat keturunan koi akan menjadi informasi berharga bagi pemelihara koi.

4. Persiapan finansial untuk kolam koi hingga membeli ikan koi.

Ikan koi dengan jenis Utsuri, Matsuba, Platinum Ogon, dan Kumonryu masih menjadi ikan koi dengan harga sangat mahal. Ikan dengan varietas tersebut memang sesuai dengan kualitas morfologi dan corak warna pada sisik yang bernilai prestise tinggi. Bahkan ikan tersebut sering diikutkan dalam kejuaraan ikan koi dan sebagian masyarakat Jepang menganggap ikan peliharaan dewa. Hal itu tidak berlebihan karena seperti contoh ikan platinum ogon yang berwarna silver dijadikan simbol kemewahan dan dipercaya memberikan kekayaan pada pemeliharanya.

Simak: 8 Ikan Monster yang banyak dipelihara di akuarium

Anda siap memelihara ikan Koi? Pastikan Anda telah menyesuaikan keadaan lingkungan dan rekening yang Anda miliki. Selamat menikmati goyangan sirip si ikan indah ini.

 

Muhammad Thohawi Elziyad Purnama, drh., M.Si.
Alumni Dokter Hewan UNAIR (2013), Master Biologi Reproduksi UNAIR (2014), Praktisi Large Animal (Beef Cattle) & Aquatic Animal dan Dosen Dep. Reproduksi Fak. Kedokteran Hewan UNAIR Banyuwangi.